KAJIAN JENIS ADSORBEN PADA PEMURNIAN ASAP CAIR CANGKANG KELAPA SAWIT

Hendriono Hendriono, Pramono Sasongko, Kgs Ahmadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menentukan jenis adsorben pada proses pemurnian asap cair yang terbaik berdasarkan kadar asam, kadar fenol, dan kadar karbonil. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksperimental dengan percobaan yang terdiri dari tiga jenis adsorben yaitu zeolit, bentonit, dan karbon aktif. Masing-masing jenis adsorben diaplikasikan dalam tiga konsentrasi berbeda yaitu 10%, 20%, dan 30%. Pemurnian menggunakan karbon aktif dengan konsentrasi 20% menunjukkan hasil terbaik dengan kadar asam, kadar fenol, dan kadar karbonil paling tinggi dibandingkan jenis adsorben lainnya. Berdasarkan analisa GC-MS pada seluruh sampel diketahui bahwa semua asap cair yang dihasilkan memiliki kandungan senyawa asam, karbonil, dan fenol.

Keywords


Cangkang kelapa sawit, asap cair, zeolit, bentonit, dan karbon aktif.

References


Budijanto, S. 2008. Identifikasi dan Uji Keamanan Asap Cair Tempurung Kelapa Untuk Produk Pangan. IPB. J.Pascapanen 5(1) 2008: 32-40.

Darmadji, P. 1999. Produksi asap cair dan sifat fungsionalnya [Laporan Penelitian]. Yogyakarta: Fakultas Teknologi Pertani-an, Universitas Gadjah Mada.

Guillen, M.D. and M.L. Ibargoitia. 1998. New components with potential antioxidant and organoleptic properties, detected for the first time in liquid smoke flavoring preparations. J Agric Food Chem 46: 1276–1285.

Juliandini, Fitrianita dan Trihadiningrum, Yullinah. 2008. Uji Kemampuan Karbon Aktif dari Limbah Kayu dalam Sampah Kota untuk Penyisihan Fenol. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi VII Program Studi MMT-ITS. Surabaya Februari 2008. ISBN: 978-979-99735-4-2.

Kilinc, B., Cakh, S. (2012) Growth of Listeria monocytogenes as affected by thermal treatment of rainbow trout fillests prepared with liquid smoke. Turkish Journal of Fisheries and Aquatic Science, 12, 285-290.

Luditama, C. 2006. Isolasi dan pemurnian asap cair berbahan dasar tempurung dan sabut kelapa secara pirolisis dan distilasi. Skripsi Sarjana, Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB.

Nurhayati, T., Sofyan, K., Desviana. (2005) Tempurung Kelapa sawit sebagai bahan baku alternative untuk produksi arang terpadu dengan pyrolegneous/asapcair. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kayu Tropis, 3(2), 39-44

Pardamaen, M. (2008) Panduan Lengkap Pengolahan Kebundan Pabrik Kelapa Sawit, Agromedia Pustaka, Jakarta.

Prananta, Juni. 2005. Pemanfaatan Sabut dan Tempurung Kelapa serta Cangkang Sawit Untuk Pembuatan Asap Cair Sebagai Pengawet Makanan Alami. http://word-to-pdf.abdio.com. Quickly Convert Word (doc) RTF HTM CSS TXT to PDF.Universitas Malikussaleh Lhokseumawe.

Pszcola, D.E. 1995. Tour highlights Pproduction and uses of smoke house base flavors. J Food Tech 49: 70-74.

Stolyhwo, A., 2005. Polyciclic aromatic hydrocarbons in smoke fish- a critical review. Food Chem 91 : 303-311.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.