IDENTIFIKASI DAUN TANAMAN DITINJAU DARI KOMPOSISI NUTRIEN DAN PROPORSI PEMANFAATANNYA UNTUK PAKAN TERNAK KAMBING

Rafael Seni, Sri Susanti, Nonok Supartini

Abstract


Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2015 di Kecamatan Ampelgading dan Wonosari Kabupaten Malang. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi jenis daun tanaman, komposisi nutrien dan proporsi pemanfaatannya untuk pakan ternak kambing. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Objek penelitian adalah daun tanaman yang sering diberikan oleh responden. Responden penelitian adalah 50 orang peternak kambing yang tinggal di Dusun Argosuko Desa Argoyuwono Kecamatan Ampelgading dan 30 orang peternak kambing di Dusun Rekesan Desa Sumberdem Kecamatan Wonosari. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pakan hijauan yang sering diberikan oleh peternak lebih didominasi oleh hijauan jenis leguminosa dengan kadar protein cukup tinggi berkisar 19,23-27,85%. Daun Lamtoro (Leucaena leucocephala), Gamal (Gliricidia sepium) dan Kaliandra (Calliandra calothyrsus), paling banyak digunakan peternak dengan proporsi penggunaan berkisar 73,3-100%, sedangkan daun Nangka (Artocarpus heterophyllus) dan Sengon (Paraserianthes falcataria) digunakan responden dengan proporsi 56,7-65,3%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa jenis daun tanaman yang sering diberikan oleh peternak didominasi jenis leguminosa pohon.

Keywords


Daun Tanaman Pohon , Kambing, Malang

References


Arikuntoro, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan 2014. Laporan Kinerja Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malanghttp://peternakan.malangkab.go.id/downloads/LKj%202014.pdf Di akses tanggal 19 september 2015

Ginting., S.P., F. Mahmilia, S. Elieser., L.P. Batubara, dan R. Krisnamurti. 2004. Tinjauan hasil penelitian pengembangan pakan alternative dan persilangan kambing potong. Prosiding Seminar Nasinal, Teknologi Peternakan dan Veteriner. Bogor, 12-13 September 2005.

Marhaeniyanto, E. 2014. Strategi Suplementasi Daun Tanaman Pohon Untuk Memacu Produktifitas Ternak Potong dan Mengurangi Emisi Gas Metana. Disertasi Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang.

Rahardjo, Susilo & Gudnanto.2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus:Nora Media Enterprise

Rukmana, H., R., 2005. Budi Daya Rumput Unggul Hijauan Makanan Ternak. Yogyakarta.

Sarwono, B., 2009. Beternak Kambing Unggul Peneber Swadaya, Jakarta

Setyosari, P. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana. Jakarta.

Waluyo, S., 2009. Prospek Bisnis Ternak Kambing Peranakan Etawa (PE), http//www.google.co.id diakses 20 Nopember 2011.

Wahyuni, D., S., 2008. Fermentabilitas dan degradabilitas in vitro serta produksi biomassa mikroba ransum komplit kombinasi rumput lapang, konsentrat dan suplemen kaya nutrien.Skripsi. Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Zuriah, N. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan : Teori Aplikasi. Jakarta: Bumi Akasara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.