KOMPOSISI MEDIA TANAM DENGAN APLIKASI BIOCHAR PADA PEMBIBITAN TEMBAKAU VIRGINIA SISTEM NAMPAN (TRAY)

Susilo Ribut Anggarbeni, Samsuri Tirtosastro, Widowati Widowati

Abstract


Tembakau virginia adalah salah satu jenis tembakau yang banyak digunakan sebagai bahan baku kretek dan jenis-jenis rokok yang lain. Salah satu faktor yang penting untuk menghasilkan tanaman tembakau yang baik adalah tersedianya bibit yang baik. Media pembibitan yang sesuai adalah salah satu faktor yang menentukan untuk mencapai hasil bibit yang baik. Biochar adalah produk pirolisis dari limbah petanian yang bersifat porous dan sesuai untuk tempat tinggal mikrobia tanah. Namun demikian berbeda dengan pupuk kandang, biochar tidak menyediakan sumber makanan untuk mikrobia tanah tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah mempelajari optimasi penggunaan pupuk organik biochar pada pembibitan tembakau sistem nampan. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Juni sampai dengan Agustus 2013, di Laboratorium Rumah Kaca Universitas Tribhuwana Malang. Rancangan percobaan adalah acak lengkap faktorial dengan tiga kali ulangan. Faktor pertama adalah media tanah dan tanah dicampur pasir. Faktor kedua adalah dosis biochar masing-masing 0%, 5%, 10%, 15% dan 20%. Parameter yang diamati adalah tinggi bibit, jumlah daun, diameter batang, panjang daun, lebat daun dan bobot kering bibit. Pengamatan dilakukan pada umur bibit 30, 35, 40, 45, 50, 55, 60 dan 65 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara komposisi media tanah terhadap beberapa dosis biochar. Pengaruh nyata terjadi pada komposisi biochar, masing-masing terhadap diameter batang dan tinggi bibit. Komposisi 10-15% biochar didalam media tanah menghasilkan bibit tertinggi pada umur 55-60 hari. Sedangkan penambahan biochar 5-20% akan menghasilkan diameter bibit paling tinggi pada umur 60-65 hari. Berdasar hasil penelitian ini dapat disimpulakn bahwa penambahan biochar 10% pada media dapat meningkatkan tinggi dan diameter bibit pada umur bibit 60 hari.

Keywords


Bibit, Biochar, Tray, Tembakau, media tanam

References


Djatmiko, B. S. Ketaren dan S. Setyahartini. 1985. Pengolahan Arang dan Kegunaannya. Agro Industri Press. Bogor.

Kinoshita, K. and T. Honjo (2001). "Linking class-switch recombination with somatichypermutation." NatRevMolCellBiol 2(7):493503. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11433363

Mardani, D. Y. 2005. Pengaruh Pupuk Organik dan Legas Tanah Terhadap Pertumbuhan Bibit Jambu Mente (Annacardium occidentale L.). Fakultas Pertanian Institut pertanian (INTAN). Yoyangkarta.

Miaty. 2011. Pengaruh Media Tanam (Tanah, Pasir dan Gabah) Dalam Pertumbuhan Tanaman Cabe.

Nurida, N. L., Rahman dan sutono. 2012. Potensi Pembenah Tanah Biochar Dalam Pemulihan Sifat Tanah Terdegradasi dan Peningkatan Hasil Jagung dan Typic Kanhapludults Lampung. Buana sains 12;1:69-74

Sitepu, M. P. 2007. Skripsi : Pengaruh Arang sebagai Campuran Media Tumbuh dan Intensitas Penyiraman Terhadap Pertumbuhan Bibit Mahoni (Swietenia macrophylla King). Universitas Sumatera Utara. Medan.

Siregar, C. A., I. Heriansyah, and K. Miyakuni. 2003. Preliminaary Study On The effect of crocoal application on the early growth. Buletin Penelitian Hutan 634. Bogor.

Siregar, C.A. 2005. Growth of Acacia mangium, Pinus merkusii, and Shorea leprosula plantationas affected by charcoal aplication in West Java. Proceeding of the 2nd Workshop on Demonstration Study on Carbon Fixing Forest Management in Indonesia. Forestry Research & Development Agency (FORDA) and Japan International Coorperation Agency (JICA). Eds. : Dr Ngaloken Gintings & Dr. Han Roliadi. January 11, 2005. Bogor

Sitompul, S. M dan B. Guritno. 1995. Analisis Pertumbuhan Tanaman. Gadjah Mada University Press. Yoyangkarta.

Sohi, S., E. Lopez-Capel, E. Krull, and R. Bol. 2009. Biochar, Climate Change And Soil: A Review To Guide Future Research. CSIRO Land and Water Science Report 05/09, February 2009.

Sukartono dan Utomo. 2012. Peranan Biochar Sebagai Pembenah Tanah Pada Tanaman Jagung di Tanah Tempung Berpasir (Sandy Loam) Semiarid Tropis Lombok Utara. Buana Sains 12:91-98.

Widowati, W. H. Utomo., B. Guritno dan L. A. Suhono. 2012. The effect of biochar on the Growth and N Fertilizer Requirement of Maize (Zea mays, L) in Green House Experiment. Journal of Agricultural Science 4(5) : 255-262.

Widowati., W. H. Utomo dan Asnah. 2014. The used of biochar to reduce nitrogen and potassium leaching from soil cultivated with maize. Journal of Degraded and Mining Lands Management. 2(1):211-218DOI: 10. 152/2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.