ANALISIS KARAKTERISTIK WILLINGNESS TO PAY PADA PERMINTAAN BUAH JERUK LOKAL DAN IMPOR DI KABUPATEN MALANG

Muhamad Hanafi Hariantoko, Eri Yusnita Arvianti, Aldon Marungkap HPS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan Wilingness To Pay permintaan buah jeruk lokal dan impor serta menghitung tingkat elastisitas permintaan buah jeruk lokal dan impor di Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan menggunakan metode data primer yang di peroleh dengan mengajukan pertanyaan yang tersusun dalam kuisioner. Responden penelitian adalah masyarakat di Kabupaten Malang di lima kecamatan yaitu : Dampit, Turen, Kepanjen, Singosari, Pakis, dengan menggunakan teknik Quota Sampling di mana setiap kecamatan di ambil 40 sampel total sampel 200 sampel. Untuk pengukuran variabel buah jeruk lokal dan impor menggunakan produk, harga, persepsi, tempat, demografi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa buah jeruk impor lebih menguasai pasar domestik dibandingkan buah jeruk lokal. Dengan asumsi jumlah konsumen dan jumlah permintaan yang lebih besar dibandingkan buah jeruk lokal. Dari penghitungan elastisitas permintaan diperoleh hasil bahwa buah jeruk lokal dan impor termasuk dalam jenis permintaan yang elastis karena jika buah jeruk tidak ada di pasaran ataupun harganya mahal yang tidak mampu terbeli oleh konsumen maka masih ada produk subtitusi yang mampu menggantikan posisi dari buah jeruk tersebut.

Keywords


Karakterstik Konsumen, Wilingness To Pay, permintaan

References


Agustina Shinta 2011. Manajemen pemasaran. Universitas brawijaya pers

Anggen, 2012. Ajaibnya Terapi Herbal. Dunia Sehat. Jakarta.

Aprilaila S, et al. 2009. Analisis Daya Saing Komoditas Jeruk Siam Jember. Prosiding Seminar Nasional Buah Nusantara. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor, 28 – 29 Oktober 2009. Hal 183-197.

Asmidah 2013. “Faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran jeruk manis di pasar tradisional medan”,Skripsi, Medan : Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara.

Badan Pusat Statistik (ATAP 2012) produksi tanaman buah-buahan tahun 2012

BPS Kab Malang. 2011. Data Ekspor-Impor. http://www.bps.go.id/. Diakses 30 Juli 2011

Basu swasta dan Handoko (2013). Manajemen pemasaran. BPFE Yogyakarta

Christoph Breidert, Michael Hahsler, Thomas Reutterer 2006. A Review Of Methods For Measuring Willingness-To-Pay. Preprint to appear in Innovative Marketing, 2006.

Ferdinand, Augusty T.,2006. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Desertasi, BP Undip,Semarang.

Hanafie, R., 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Hutabarat, B dan Adi Setyanto. 2007. Komoditas Jeruk Indonesia di Persimpangan Jalan Pasar Domestik dan Internasional

Hastang, Veronica Sri Lestari, Arie Prayudi, 2011. Beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah permintaan telur ayam ras oleh konsumen di pasar pa’baeng-baeng, Makassar. Jurnal AGRIBISNIS Vol. X (3) September 2011.

Jawa Timur Dalam Angka 2013 Statistik Penduduk Menurut Jenis Kelamin. (Online), (http://www.regionalinvestment.bkpm.go.id), diakses 14 Juli 2014

JuniprantoSilitongadan Salman, 2014. Analisis permintaan konsumen terhadap sayuran organik dipasar modern Kota Pekanbaru. Jurnal Dinamika Pertanian Volume XXIX Nomor 1April 2014 (79 -86)

Leena Lankoski, 2010. Customer willingness to pay for sustainability in the food sector: An examination of three WTP types. Department of Economics and Management Discussion Papers no : 46.

Malangpost, 2015. Konsumsi Buah-buahan. http:// www.malang-post.com/familia/Konsumsi Buah-buahan. Diakses 23 Juni 2015

Mulyadi Nitisusastro (2011). Perilaku Konsumen .ALFABETA.CV

Nembah F.Hastimbul Ginting(2011) . Manajemen Pemasaran .CV Yrama Widya

Na He and John C. Bernard, 2011. Differences in WTP and Consumer Demand for Organic and Non-GMF resh and Processed Foods. Agricultural and Resource Economics Review 40/2 (August 2011) 218-232

Rahardja Dan Mandala. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Ratih Huriyati (2010). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. CV.ALFABETA Bandung

Sugiyono (2009) . Metode Penelitian Kuantitatif Dan kualitatif .Alfabeta Bandung

Sangadji dan Sophiah (2010). Metodologi Penelitian . C.VANDI OFFSET


Refbacks

  • There are currently no refbacks.