PERENCANAAN LANSKAP JALAN RADEN INTAN SEBAGAI WELCOMEAREA KOTA MALANG

Restiana Tewu, Riyanto Djoko, Emy Junatan Muakhor

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis permasalahan terkait lanskap Jalan Raden Intan Kota Malang, serta merencanakan lanskap jalan yang mampu meningkatkan keindahan Jalan Raden Intan yang estetis dan fungsional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tahapan kerja, yaitu Planning Design Process meliputi beberapa tahap, diantaranya: commision, research, analysis, synthesis, construction dan operation. Menurut hasil penelitian, penataan sirkulasi kendaraan pada Jalan Raden Intan dilakukan dengan mengoptimalkan fungsi jalan sesuai kriteria tapak. Salah satu upaya penataan tersebut melalui pengalokasian ruang daerah milik jalan (damija) untuk aktifitas lalu lintas jalan (pembagian lajur jalan kendaraan pribadi dan umum), aktifitas pejalan kaki, serta penataan fasiitas jalan. Penataan jalur hijau pada ruas Jalan Raden Intan dilakukan melalui pemilihan vegetasi untuk mengurangi polusi udara, pohon untuk tepi jalan atau pohon untuk pelindung, semak, dan perdu di median jalan, konfigurasi penanaman serta pengaturan bentuk taman. Penataan Jalan Raden Intan sebagai Welcome Area menggunakan jenis tanaman yang berbunga yang mampu meningkatkan keindahan Jalan Raden Intan yang estetis dan fungsional, sehingga dapat menciri khaskan Kota Malang sebagai Kota Bunga.

Keywords


Perencanaan Lanskap, Jalan Raden Intan, Area Kota Malang

References


Badan Pusat Statistik. 2013. Data Jumlah Penduduk Kota Malang. Malang: Badan Pusat Statistik

Hakim dan Utomo. 2002. Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap. Prinsip Unsur dan Aplikasi Desain. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Kartosopoetra, A. E. 1986. Pengaruh Iklim Terhadap Tanah dan Tanaman. Bina Aksara. Jakarta . 134 hall.

Karliansyah, N.W.1999. Klorofil Daun Angsana Dan Mahoni Sebagai Bioindikator Pencemaran Udara, Lingkungan Dan Pembangunan. 19 (4) 290-305.

Laurie, M. 1986. An Introduction to lanscape Architecture (terjemahan). Amirican Elsevier publishing comp, Inc. New York.

Simonds, J. O. 1983. LandscapeArchtecture.McGraw-Hill Book Co. New York. 331p.

Soepardi, G. 1983. Dasar-dasar Ilmu Tanah. Jurusan Tanah. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.