ANALISIS KEBUTUHAN PAKAN DAN FEED CONVERTION RATIO (FCR) PADA USAHA KEMITRAAN BROILER WILAYAH NGANJUK (Studi Kasus Di Kemitraan Surya Mitra Farm Wilayah Nganjuk)

Edin Edin, Nonok Supartini, Hariadi Darmawan

Abstract


The goal of this research is to analysis of feed and Feed Conversion Ratio (FCR) on the broiler. The material used is broiler reared in the period of 2014 were age 1 to 36 days, ranging from DOC to age 36 days, with different populations of 9 breeder. The method of sampling used is the total sample of 9 (nine) breeders in Partnership Surya Mitra Farm Nganjuk Region. Data collection used in this research is data collection observation method using quisioner for every member of breeder of Partnership of Surya Mitra Farm Nganjuk Area. The results of the research on Broiler breeders in partnership Surya Mitra Farm Nganjuk Region can be concluded that the feed requirement analysis and Feed Convertion Ratio (FCR) of 9 plasma breeders have reached the standard of Core Company, especially in breeders Year 2014. Advice can be given feed and Feed Conversion Ratio (FCR) in Regional Nganjuk, then in this case the Company's core should still do a good cooperation, especially in terms of how to analyze the needs of feed and Feed Conversion Ratio (FCR), in order to more optimally and efficiently.

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah analisis kebutuhan pakan dan Feed Convertion Ratio (FCR) pada broiler. Materi yang digunakan adalah broiler yang dipelihara dalam periode Tahun 2014 yaitu umur 1 sampai 36 hari, mulai dari DOC sampai umur 36 hari, dengan populasi yang berbeda dari 9 peternak. Metode dalam pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampel 9 (Sembilan) peternak di Kemitraan Surya Mitra Farm Wilayah Nganjuk. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi pengumpulan data memakai quisioner untuk setiap anggota peternak dari Kemitraan Surya Mitra Farm Wilayah Nganjuk. Hasil penelitian pada peternak broiler di kemitraan Surya Mitra Farm Wilayah Nganjuk dapat disimpulan bahwa analisis kebutuhan pakan dan Feed Convertion Ratio (FCR) dari 9 peternak plasma sudah mencapai standar kontrak Perusahaan Inti, khususnya pada peternak diperiode Tahun 2014. Saran untuk memperoleh analisis kebutuhan pakan dan Feed Convertion Ratio (FCR) yang baik oleh peternak plasma di Wilayah Nganjuk, maka Perusahaan Inti harus tetap melakukan kerjasama yang baik, terutama dalam hal bagaimana menganalisis kebutuhan pakan dan Feed Convertion Ratio (FCR), agar bisa lebih maksimal dan efisien.

Keywords


Feed; Broiler; FCR; Sampling; Observasi.

References


Edjeng S. &. Kartasudjana, R. 2006. Manajemen Ternak Unggas. Penebar Swadaya, Jakarta.

Fadilah, R. 2004. Panduan Mengelola Peternakan Ayam Broiler Komersial. Agromedia Pustaka. Jakarta.

. 2007. Sukses Beternak Ayam pedaging. Agromedia

James, R. G. 2004. Modern livestock and Poultry Production. 7th Edition. Thomson Delmar Learning Inc., FFA Activities, London.

Parakkasi, A. 1999. Nutrisi dan Makanan Ternak Ruminan. Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Rasyaf, M.A. 2001. Beternak Ayam Pedaging. Cetakan 20, Penebar Swadaya, Jakarta.

. 2004. Beternak Ayam Pedaging. Penebar Swadaya. Jakarta.

. 1996. Manajemen Peternakan Ayam Broiler. Penebar Swadaya. Jakarta.

. 2002. Manajemen Peternakan Ayam Broiler. Penerbit Swadaya. Jakarta.

Sasongko, Noer dan Nila Wulandari. 2006. Pengaruh EVA dan Rasio-rasio Profitabilitas terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur di BEJ. Empirika, Vol.19 No.1, Juni, hal 64-80

Suprijatna, E. U, Atmomarsono. R, Kartasudjana. 2005. Ilmu Dasar Ternak Unggas. Penebar Swadaya: Jakarta.

Tillman, A.D.,H. Hartadi, S. Reksohadiprodjo, & S. Prawirokusumo 1991. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Universitas Gadjah Mada Press, Yogyakarta.

Yunus, T. 2009. Analisis Efisiensi Produksi Usaha Peternakan Ayam Ras Pedaging Pola Kemitraan dan Mandiri di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal. IPB. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.