ANALISIS SWOT PEMASARAN KERIPIK PADA UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Putri Alin Jaya Dan UMKM SAS Di Kota Batu)

Selpinus Winardo, Eri Yusnita Arvianti, Son Suwasono

Abstract


The Government encourages the development of Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM), Marketing strategy is very important for the company or UMKM. where marketing strategy is a way to achieve the goals of a company or UMKM. The study began on 1 April 2017 up to 1 July 2017, at UMKM Putri Alin Jaya and UMKM SAS, Batu city. This research is a qualitative descriptive research using SWOT. Result of this research, UMKM Putri Alin Jaya and UMKM SAS in the area where both must maintain and maintain (hold and maintain). Strategies that need to be used are market penetration (market penetration) and product development (product development). From the results of the seller known that both UMKM get profit, UMKM Putri Alin Jaya is Rp. 3.500.000 Per 1x production with profit of Rp. 818.500 and R / C 1.3 While UMKM SAS has income of Rp.3.110.000 Per 1x production. With a profit of Rp. 1.086.700 and R / C 1.5

Pemerintah mendorong perkembangan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Strategi pemasaran adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan atau UMK M. di mana strategi pemasaran merupakan suatu cara untuk mencapai tujuan dari sebuah perusahaan atau UMKM. Penelitian ini dimulai pada 1 April 2017 sampai dengan 1 Juli 2017, di UMKM Putri Alin Jaya dan UMKM SAS, Kota Batu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan Menggunakan SWOT. Hasil dari penelitian ini, UMKM Putri Alin Jaya dan UMKM SAS pada daerah dimana keduanya harus mempertahankan dan menjaga (hold and maintain). Strategi yang perlu dipakai yaitu penetrasi pasar (market penetration) dan pengembangan produk (product development). Dari hasil penjualanya diketahui kedua UMKM mendapatkan keuntungan, UMKM Putri Alin jaya sebesar Rp. 3.500.000 Per 1x produksi dengan keuntungan sebesar Rp. 818.500 dan R/C 1.3 Sedangkan UMKM SAS memiliki pendapantan sebesar Rp.3.110.000 Per 1x produksi. Dengan keuntungan sebesar Rp. 1.086.700 dan R/C 1.5.

Keywords


UMKM; SWOT; Pendapatan

References


UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2008 TENTANG USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH.

David, F. R. 2006. Manajemen Strategi. Buku 1, Edisi kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat.

Idris Y. N 2009. Sektoer UMKM di Indonesia

Tjiptono, F. 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta

Wismiarsi, T. 2008. Hambatan Ekspor UKM Indonesia: Penerbit Buku Kompas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.