FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG DALAM MENJUAL PRODUK PERTANIAN HORTIKULTURA DI PASAR GADANG KOTA MALANG
Abstract
Pasar tradisional di Kota Malang salah satu nya adalah Pasar Gadang. Pasar Gadang adalah pasar yang aktif dalam menjual produk-produk pertanian. Keberadaan Pasar Gadang dinilai sangat penting karena dapat meningkatkan pendapatan pedagang, maupun pemerintah kota melalui pajak. Penelitian ini dimulai bulan Februari 2017 sampai bulan Juli 2017, di Pasar Gadang, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan alat analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal dagang (X1), jumlah penjualan (X3), jenis dagangan (X4) memiliki hubungan positif dan berpengaruh nyata terhadap pendapatan yang diperoleh pedagang. Secara terpisah lokasi dagang (X2) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan. Sebaliknya variabel yang paling berpengaruh adalah jumlah penjualan. Pedagang berpotensi meningkatkan pendapatan 46,7% pada setiap upaya meningkatkan jumlah penjualan produk pertanian hortikultura di Pasar Gadang Kota Malang.
Keywords
References
Ayuningsasi, A.A. K. 2011. Analisis Pendapatan Pedagang Sebelum dan Sesudah Program Revitalisasi Pasar Tradisional di Kota Denpasar. Bali : Universitas Udayana. Jurnal.
Armstrong, dan Kotler 2003. Dasar- Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Penerbit PT. Indeks Gramedia. Jakarta.
Boediono, 2002. Ekonomi Mikro Seri Sinopsis : Pengantar Ilmu Ekonomi No.1. BPFE, Yogyakarta.
Endrawanti, Susilo (2014). Dampak Relokasi Pasar Studi Kasus di Pasar Sampangan Kota Semarang. E-Journal UNTAG Semarang.
Husein, Umar. (2004). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis.Cetakan ke-6. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mulyani, Ninik. (2016). Pengaruh Tingkat Pendapatan Terhadap Pola Konsumsi Masyarakat Dalam Prespektif Ekonomi Islam( Studi Kasus Desa Harapan Jaya Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur. Jurnal. UIN Raden Fatah Palembang.
Sutrisno, Joko & Sri Lestari (2006). “Kajian Usaha Mikro Indonesia”. Jurnal Pengkajian Koperasi dan UKM Nomor 2 Tahun I – 2006.
Sumarni, Murti dan Jhon Soeprihanto. 2003. Pengantar Bisnis : Dasar- Dasar Ekonomi Perusahaan. Cetakan Keempat. Yogyakarta : Liberty Yogyakarta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Tarigan, R. (2006). Ekonomi Regional : Teori dan Aplikasi(Edisi Revisi). Bumi Aksara. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.