FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG DALAM MENJUAL PRODUK PERTANIAN HORTIKULTURA DI PASAR GADANG KOTA MALANG

Eka Agustina, Eri Yusnita Arvianti, Rikawanto Eko Muljawan

Abstract


The traditional market in Malang is one of the Gadang market. Gadang market is an active market in selling agricultural products. The existence of the Gadang market is considered very important, because it can increase the income of traders, and the city government through taxes. This research began in February 2017 until July 2017, at Gadang market, subdistrict Sukun, Malang city. The research is quantitative descriptive research with multiple linear regression analysis. The result showed that capital (X1), total sales (X3), merchandise type (X4) has a real effect and positive relation ship towards earned income traders. Separately trade location (X2) does not have a significant influence towards income. On the contrary, the most influential variables is the number of sales. The merchant can potentially increase the income of 46,7%. On each attempt increase the number of sales of agricultural products in the horticultural market Gadang in Malang city.

Pasar tradisional di Kota Malang salah satu nya adalah Pasar Gadang. Pasar Gadang adalah pasar yang aktif dalam menjual produk-produk pertanian. Keberadaan Pasar Gadang dinilai sangat penting karena dapat meningkatkan pendapatan pedagang, maupun pemerintah kota melalui pajak. Penelitian ini dimulai bulan Februari 2017 sampai bulan Juli 2017, di Pasar Gadang, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan alat analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal dagang (X1), jumlah penjualan (X3), jenis dagangan (X4) memiliki hubungan positif dan berpengaruh nyata terhadap pendapatan yang diperoleh pedagang. Secara terpisah lokasi dagang (X2) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan. Sebaliknya variabel yang paling berpengaruh adalah jumlah penjualan. Pedagang berpotensi meningkatkan pendapatan 46,7% pada setiap upaya meningkatkan jumlah penjualan produk pertanian hortikultura di Pasar Gadang Kota Malang.

Keywords


Pasar tradisional; Pedagang; Pendapatan

References


Ayuningsasi, A.A. K. 2011. Analisis Pendapatan Pedagang Sebelum dan Sesudah Program Revitalisasi Pasar Tradisional di Kota Denpasar. Bali : Universitas Udayana. Jurnal.

Armstrong, dan Kotler 2003. Dasar- Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Penerbit PT. Indeks Gramedia. Jakarta.

Boediono, 2002. Ekonomi Mikro Seri Sinopsis : Pengantar Ilmu Ekonomi No.1. BPFE, Yogyakarta.

Endrawanti, Susilo (2014). Dampak Relokasi Pasar Studi Kasus di Pasar Sampangan Kota Semarang. E-Journal UNTAG Semarang.

Husein, Umar. (2004). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis.Cetakan ke-6. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyani, Ninik. (2016). Pengaruh Tingkat Pendapatan Terhadap Pola Konsumsi Masyarakat Dalam Prespektif Ekonomi Islam( Studi Kasus Desa Harapan Jaya Kecamatan Semendawai Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur. Jurnal. UIN Raden Fatah Palembang.

Sutrisno, Joko & Sri Lestari (2006). “Kajian Usaha Mikro Indonesia”. Jurnal Pengkajian Koperasi dan UKM Nomor 2 Tahun I – 2006.

Sumarni, Murti dan Jhon Soeprihanto. 2003. Pengantar Bisnis : Dasar- Dasar Ekonomi Perusahaan. Cetakan Keempat. Yogyakarta : Liberty Yogyakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Tarigan, R. (2006). Ekonomi Regional : Teori dan Aplikasi(Edisi Revisi). Bumi Aksara. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.