ANALISIS JARINGAN PEMASARAN SAYURAN KUBIS DI PASAR SAYUR KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG
Abstract
Pasar Karangploso merupakan pasar yang menjual beberapa jenis sayuran yang berperan dalam memenuhi kebutuhan konsumen di antaranya kubis. Jaringan pemasaran kubis dari petani hingga konsumen akan menentukan besarnya harga di tingkat petani, pedagang perantara dan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji struktur dan perilaku pasar, mengetahui marjin pemasaran kubis, dan efisien pemasaran kubis yang ada di pasar sayur Karangploso. Data diperoleh dengan wawancara langsung dan kuesioner dengan responden yaitu petani, pedagang pengumpul, pedagang pengecer dan konsumen kubis. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitaif. Metode kuantitaf menggunakan analisis marjin pemasaran dan efisiensi pemasaran secara ekonomis dengan menghitung farmer’s share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat tiga jaringan pemasaran, marjin pemasaran menunjukan bahwa semakin panjang jaringan pemasaran maka semakin tinggi biaya opersional yang dikeluarkan.
References
Indrajit. E, dan Djokopranoto. R . 2002. Konsep Manajemen Supply Chain. PTGrasindo. Jakarta.
Irawan, B., A. Setyanto, B. Rahmanto, N. Agustin, A. Askin. 2002. Analisis Nilai Ekonomi Sumberdaya Lahan Pertanian. Pusat Pe-nelitian dan Pengembangan Sosial Eko-nomi Pertanian. Bogor.
Istanto, Roessali. W, Setiadi. A Mediagro. 2016. Analisis Pemasaran Kubis (Brassica Oleracea L. Var. Cagitata L)Di Sub Terminal Agribisnis (Sta) Jetis Kabupaten Semarang.
Sudiyono, A. 2002. Pemasaran Pertanian. UMM_Press. Malang
Sugiyono. 2010.MetodePenelitianKuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.
Widiyanti, S. 2008. Analisis Efisiensi Pemasaran Talas di Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Yudhit, R. P. 2014. Farmer Share dan Efisiensi Saluran Pemasaran Kacang Hijau (Vigna radiata L) diKecamatan Godong Kabupaten Grobogan.Universitas Diponegoro.Semarang.
Zulkarnain. 2010. Dasar – Dasar Hortikultural: Pertanian Organik. Jakarta : Bumi Aksara Indrajit R. E dan Pranoto, R.D (2002) Konsep Manajemen Supply Chain. Grasindo, Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.