FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN, KEPATUHAN DAN KETEGASAN DALAM SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP PENGUSAHAUSAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG (STUDI KASUS PADA USAHA BAKERY)

Maria Defrina Kunda

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara Indonesia maupun daerah terutama kelurahan Tlogomas. Adapun UKM memiliki peranan penting dalam lajunya pertumbuhan perekonomian masyarakat sehingga kebijakan pemerintah untuk mengatur UKM harus berfungsi.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan pemerintah terhadap perkembangan Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Tlogomas Malang.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode convenience sampling. Sampel penelitian ini menggunakan metodeelemenpopulasi yang datanya mudah diperoleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan adalah Regresi Linier Sederhanadengan mengunakan program SPSS.
Dari hasil analisa di atas menunjukkan bahwa tingkat pemahaman , tingkat kepatuhan , ketegasan saksi perpajakan berpengaruh signifikan terhadap variabel kewajiban perpajakan pengusaha UKM . Namun demikian dapat disimpulkan bahwa variabel bebas yang berpengaruh paling dominan terhadap variabel terikat adalah variabel tingkat pemaham karena nilai regresinya adalah yang paling besar yakni 0,368 dengan tingkat signifikan 0,001.

Keywords


Tingkat Pemahaman,Tingkat Kepatuhan,Tingkat Ketegasan dalam Sanksi Perpajakan dan Kecamatan Lowokwaru

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Brotodiharjo, R. Santoso. 2009. Pengantar Ilmu Hukum Pajak. Bandung: Refika Aditama.

Dianawati, Susi. 2008. “Analisis Pengaruh Motivasi dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus pada KPP Pratama Jakarta Tanah Abang” (Skripsi). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Haerani, Rina. 2008. “Analisis Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi dan Wajib Pajak Badan terhadap Sunset Policy (Studi Kasus pada KPP Pratama Jakarta Kebayoran Lama) (Skripsi). Jakarat: UIN Syarif Hidayatullah.

Inriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2004. Metodologi Penelitian dan Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Liana. 2007. “Analisis Tingkat Pemahaman dan Kepatuhan Pengusaha Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakannya di Yogyakarta” (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mardiasmo. 2009. Perpajakan. Yogyakarta: Andi Offset.

Mulyodiwarno, Nuryadi. 2007. Catatan Tentang Kebijakan Sanksi Perpajakan sejak Undang-Undang KUP 1983 hingga Undang-Undang KUP 2007. Jakarta: Inside Tax.

Murtadho, Faisal. 2006. “Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Terhadap Tingkat Kesadaran dan Kepatuhan Wajib Pajak” (Skripsi). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Mulyodiwarno, Nuryadi. 2007.Catatan Tentang Kebijakan Sanksi Perpajakan Sejak Undang-Undang KUP 2007. Jakarta: Inside Tax.

Rahayu, Siti Kurnia. 2010. Perpajakan Indonesia. Yogayakarta: Graha Ilmu.

Resmi, Siti. 2008. Perpajakan Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Riduwan dan Ahmad. 2007. Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur. Bandung: Alfabeta.

Sari, Yulia Kartika. 2008. “Sanksi Pidana dan Sanksi Administrasi Perpajakan di Indonesia dan Implikasinya Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak” (Skripsi). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Sartika dan Rini. 2009. “Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kinerja Pelayanan Pajak dan Ketegasan Sanksi Perpajakan Terhadap Motivasi Wajib Pajak dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakannya” Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Wibowo. 2004. Akuntansi Untuk Bisnis Usaha Kecil dan Menengah. Jakarta: Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.