ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK MENJAGA KELANCARAN PROSES PRODUKSI (STUDI KASUS PADA UD TOHU SRIJAYA JLN. TURNOJOYO)

Anastasia Zerina

Abstract


Pengendalian persediaan merupakan suatu aktiva yang meliputi barang-barang milik perusahaan dengan maksud untuk dijual dalam suatu periode usaha tertentu. Persediaan bahan baku yang cukup akan akan melancarkan proses produksi sehingga usaha mengalami keuntungan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisi persedian bahan baku terhadapat proses produksi di UD Tohu Srijaya Kota batu Malang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan 1 bulan pada UD Tohu Srijaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi. Metode analisa data yang di gunakan adalah analisis EOQ.
Hasil penelitian pengendalian persediaan bahan baku kayu yang dilakuka UMKM kerajinan kayu UD Tohu Srijaya selama satu bulan masih cukup optimal. Sehingg persediaan bahan baku UMKM kerajinan kayu UD Tohu Srijaya tida mengalami kekurangan. Pengendalalian persediaan bahan baku dilakukan dengan perencanaan yang matang sehingga dapat menghadapi resiko dan ketidak pastian yang terjadi nantinya. Hal ini juga dapat mendukung kelancaran proses produksi.

Keywords


Kelancaran Proses Produksi, Pengendalian Persediaan Bahan Baku, UMKM

Full Text:

PDF

References


Assauri, S, 2004. Manajemen Produksi Dan Oprasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesi.

Handoko, H. 2010. Dasar-Dasar Manajemen Produksi Dan Operasi. Yokyakarta: BPFE.

Harsono. 2012. Manajemen Pabrik. Jakarta: Balai Aksara.

Juandi, Yulius. 2017. “Pengaruh Persediaan Bahan Baku Terhadap Peningkatan Produksi Umkm Sekitar Lingkungan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang” (Skripsi). Malang: Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Nasution, A,H. 2009. Perencanaan Dan Pengendalian Produksi. Surabaya: Guna Widya.

Rangkuti, F. 2007. Manajemen Persediaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rakian, Atdri. 2015. “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Tepung Terigu Menggunakan Metode EOQ Pada Pabrik Mie Musbar Pekanbaru” (Skripsi). Riau: Universitas Riau.

Simamora. H. 2012. Manajemen Sumber Daya Dan Kebijakan Bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Sujarweni, V.Winarta. 2016. Akutansi Manajemen. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukanto. 2010. Manajemen Produksi. Yogyakarta: BPFE.

Supriyono. 2009. Manajemen Strategi Dan Kebijakan Bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Tjahjadi. 2011. JIT Purchasing Terhadap Pengaruh Kinerja Produktifitas. Yogyakarta: Andi.

Tuerah, Michel Chandra. 2014. “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Ikan Tuna Pada Cv. Golden Kk” Jurnal EMBA 525 Vol.2 No.4 Desember 2014, Hal. 524-536.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.