ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ALFAMART JL. BATU PERMATA NO. 7 TLOGOMAS, LOWOKWARU KOTA MALANG

Maya Anggraini

Abstract


Perusahaan ritel akan sukses bila mengutamakan kepuasan pelanggan, jika konsumen merasa puas dengan produk yang ditawarkan perusahaan maka konsumen dengan sendirinya akan melakukan pembelian ulang kepada perusahaan atau produk yang kita tawarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan kemudian faktor psikologi terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian di Alfamart Jl. Batu Permata No.7 Tlogomas, Lowokwaru Kota Malang. Penelitian ini bersifat assosiatif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Alfamart Jl. Batu Permata No.7 Tlogomas, Lowokwaru Kota Malang, dan teknik sampling menggunakan insidental sampling yaitu secara kebetulan sebanyak 77 orang. Instrumen menggunakan kuesioner, analisisi yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian didapatkan nilai r square (r2) sebesar 0,692, hasil pengujian uji t didapatkan nilai thitung ≥ ttabel (≥ 2,000), dan hasil uji F didapatkan Fhitung ≥ Ftabel (4,125 ≥ 2,500) dengan nilai signifikan 0,005 (p ≤ 0,05). Sehingga dapat dikatakan bahwa variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi, berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian di Alfamart, baik secara parsial (masing-masing variabel) maupun secara simultan (bersama-sama). Dengan demikian pihak Alfamart untuk dapat meningkatkan minat pembeli dengan cara memberikan penawan diskon mengingat karena Alfamart Jl. Batu Permata No.7 Tlogomas, Lowokwaru Kota Malang berada di tengah-tengah pemukiman kos-kosan mahasiswa, karena anak kos tentu mencari produk dengan harga rendah namun kualitas baik.

Keywords


Pengambilan Keputusan, Perilaku Konsumen

Full Text:

PDF

References


Ahmad. 2016. “The Effect of Role Overload on Employee Anxienty and Organization Citizenship Behavior” European Journal of Business and Management, Vol.8, No.1.

Ekpang. 2015. “Relationship between Drug Abuse and Psychosocial Behaviours among Adolescent's In Senior Secondary Schools In Cross River State, Nigeria-Counseling Interventions’’ European Journal of Business and Management, Vol.7, No.36.

Fatimah, F. 2015. “Strategi Pemasaran Berbasis Syariah Ritel Tradisional Agar Mampu Bersaing dengan Ritel Modern”. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, Vol 1, No.2.

Ikasari. 2016. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Beras Organik” Jurnal Teknologi Pertanian, Vol.17 No.1 Hal.69-78

Ikasari, S. N. 2013. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sayuran di Pasar Tradisional di Kota Semarang” Jurnal EMBA, Vol.1 nO.3, Hal 551-561.

Ibrahim, M. M. 2016. “The Mediating Role of Pssychological Ownership in the Relationship between Ethical Leadership and Organizational Justice, and the Multiple Forms of Employee performance Behaviors” European Journal of Business and Management, Vol.8, No.9.

Mizfar, A. S. 2015. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Kopi Instan” Jurnal Sepa, Vol.11 No.2.

Maleke. 2013. “Faktor Sosial, Pribadi, dan Psikologis Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry Gemini Pada PT. Mega Mitra Makmur Sejahtera”. Jurnal EMBA, Vol.1 No.3, Hal 551-561.

Mahasneh. 2015. “The impact of Organizational Citizenship Behavior on Job Performance at Greater Amman Municipality” European Journal of Business and Management, Vol 7, No.36.

Paramitha, F. F. 2014. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Rabbani di Bunker Rabbani Pucung Surabaya” Jurnal JESTT, Vol.1 No.6.

Sri Autami, I. G. 2015. “Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Gerai Chatime”. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol 4, No 11.

Sugiyono, P. D. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, (Bandung) hal.80.

Supriyono, N. H. 2016. “Test the Structural Model on Buying Decisions of Bank Customers Based On Product Knowledge and Attention to Social Comparison Information (Theory of Planned Behavior (TPD) & Role Models Approach)” European Journal of Business and Management, Vol.8, No.2.

Satrio, A. B. 2014. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Berbelanja di Cak-Cuk Surabaya” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol.3 No.12.

Wardhanie 2017. “Strategi Promosi Pada Toserba Gandung dan Sopongiro Surabaya”. Jurnal Jibeka Volume 11 Nomer 1, 44-50.

Yuniati, W. M. 2014. “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Compact Disc (CD) Surabaya” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol.3 nO.8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.