PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI USAHA KECIL MENENGAH (UKM) (STUDY PADA CV. SPORT MANIA JL. MT HARYONO NO. 129 MALANG)

Moh. Ridho’i

Abstract


Salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) yang potensial dikembangkan dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dimasyarakat di kota Malang adapun nama usahanya adalah CV. Sport Mania. Sport Mania merupakan usaha yang menyidiakan baju oalahraga, pakaian mulai dari pakaian untuk sekolah, pakaian untuk sehari, tas camping dan Bonika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam usaha menguji hipotesis yang disusun. Adapun jumlah populasi yang diambil dalam penelitian ini sebanyak jumlah pegawai yang ada di magistra utama 32 orang.
Hasil penelitian ini diambil dari responden yang memiliki karakteristik dalam hal pendidikan mereka kebanyakan lulusan SMA/MA sederajat berusia rata-rata antara 17 - 25 tahun, responden lebih banyak yang laki-laki ketimbang perempuan dan lama bekerja yang dominan antara 3 – 4 tahun memiliki jumlah karyawan 32 orang dan lama usaha selama 15 tahun. Hasil analisa korelasi menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi memiliki hubungan yang signifikan terhadap kinerja karyawan di UKM CV. Sport Mania. Secara parsial, diketahui bahwa pengethuan, keterampilan, kemampuan dan kreativitas bepengaruh terhadap kinerja karyawan. Dimana dari masing variabel mempunyai T-hitung (X1) 7.504, (X2) 1.243, (X3) 0.498 dan (X4) 0.227.
Dengan demikian, apabila faktor pengetahuan, keterampilan, kemampuan dan kreativitas masing-masing meningkat, maka kinerja karyawan UKM CV. Sport Mania semakin meningkat. Secara simultan, diketahui bahwa pengethuan, keterampilan, kemampuan dan kreativitas berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan jumlah F-hitung = 0,18,655. Dengan demikian, apabila pengethuan, keterampilan, kemampuan dan kreativitas bersama-sama dijalankan, maka akan menghasilkan karyawan yang bertanggung jawab terhadap tugas, amanah, dan kualitas karyawan pada UKM CV. Sport Mania semakin meningkat.

Keywords


Pengetahuan, Keterampilan, Kemampuan, Kreativitas, Kinerja Karyawan.

Full Text:

PDF

References


Ardiana, 2010. “Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja. ukm di Surabaya” Jurnal manajemen dan kewirausahaan, Vol.12, no. 1, maret 2010: 42-55

Ali, Mohammad. 1992. Penelitian Kependidikan; Prosedur Dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian- Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan (Edisi Revisi Kelima). Yogyakarta: Rineka Cipta.

Eddy Yunus 2009. “Ekonomi Manajerial Pemberdayaan Pedagang Pasar Tradisional Blimbing Berbasis Partisipatif Dalam Perlindungan Sosial” Jurnal. Vol. 4.No.3

Gibson, Ivancevich, dan Donnelly. 2011. Perilaku Organisasi. Jakarta: Binarupa Aksara.

Ghozali, Imam. 2005. Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003 Pengembangan Sumber Daya. Jakarta: Rinika Cipta.

Mathis, Robert L. dan John H. Jackson. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PPM.

Moh. Nazir. 1983. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia.

Moenir A.S 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Prihatminingtyas. 2016. “Analisis Pengelolaan Usaha Kecil Makanan Minuman” Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Universitas Tribhuwana Tunggadewi Vol. 4, No.2, Desember 2016, ISSN 2089-0532 Hal 1-6/10-15.

Robbins, 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta: Prihalindo.

Robbins, 2001. Perilaku Organisasi. Jakarta: Indeks.

Sadarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Septiyani 2013. Analisis Pengaruh Kompetensi Individu Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jakarta: Beta Setia Mega.

Sutrisno, E. 2010. “Manajemen Sumber Daya Manusia Kencana” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 3 No. 10 (2014).

Semiawan, Conny R. 2009. Kreativitas Kebakatan. Jakarta: Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.