IMPLEMENTASI PELAPORAN PENGELOLAAN KEUANGAN DANA DESA DI DESA SUMBERSEKAR KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG

Ria Anggita

Abstract


Pemerintahan desa yang akan mendapatkan pendanaan program dan kegiatan dari berbagai sumber (APBN dan APBD Provinsi/Kabupaten) dituntut memiliki konsekuensi harus mengelola secara transparan, akuntabel, dan bebas dari penyalahgunaan. Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang, sejauh ini dalam pelaporan mengenai pengelolaan keuangan dana desanya belum sepenuhnya sesuai dengan peraturan Undang- Undang. Rumusan masalah yang diambil “ bagaimana implementasi pelaporan pengelolaan keuangan dana desa di desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang?”Jenis penelitian bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini sumber datanya yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan Dana Desa yang dikelola desa Sumbersekar dari APBN pada tahun 2016 yaitu sebesar Rp. 618.434.000. Dana ini diterima melalui dua tahap , pada tahap 1 diterima sebesar Rp.371.060.400, kemudian pada tahap 2 sebesar Rp.247.373.600. Hambatan dalam pelaporan pengelolaan Dana Desa di desa Sumbersekar yaitu adanya perubahan Permendes, sehingga perangkat desa terkait yang belum paham atas hal tersebut mengalami kesulitan dalam melakukan penyusunannya. Perubahan dari Permendes yang relatif sering menyebabkan Pemerintah Desa kesulitan dalam menyesuaikan pelaporannya dengan peraturan yang terus diperbaharui.

Keywords


Akuntabel, Implementasi, Pelaporan, Pengelolaan Keuangan

Full Text:

PDF

References


Fitra, Amanda Aidil. 2016. “Analisis Implementasi Pengelolaan Keuangan Desa Dalam Penggunaan dan Pelaporan Dana Desa (Kasus: Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul)” (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Khabibi, Mohammad Wildan. 2017. “ Implementasi Pengelolaan Keuangan Dana Desa (Studi Pada Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar)” (Skripsi). Malang:Universitas Brawijaya

Kurnia, Dadang. 2015. Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan & Konsultasi Pengelolaan Keuangan Desa. Jakarta: Deputi Kepala BPKP.

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif,Bandung,: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

https://azharnasri.blogspot.co.id/2015/04/sumber-data-jenis-data-dan- teknik.html. Diunduh 1 November 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.