ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PADA PERUM PENGADAIAN KOTA MALANG

Theresia Natalia Tanaem

Abstract


Perum pegadaian sebagai lembaga sewa modal yang memiliki tujuan khusus yaitu penyaluran uang pinjaman atas dasar hukum gadai yang ditujukan untuk mencegah praktek ijon, pegadaian gelap, riba, serta pinjaman tidak wajar lainnya. Salah satu fungsi Perum Pegadaian adalah untuk meningkatkan peranannya dalam penyaluran pinjaman bagi masyarakat.Nasabah Perum Pegadaian terdiri dari masyarakat golongan ekonomi lemah yang kurang mendapat pelayanan dari lembaga keuangan atau perbankan, sehingga masyarakat yang menengah kebawah memerlukan pinjaman secara mudah dan cepat.
Variabel yang diteliti adalah variabel (X) yaitu meliputi Pendapatan sewa modal , Jumlah Nasabah, Tingkat Inflasi dan variabel (Y) yaitu Pendapatan. Untuk memenuhi tujuan penelitian, hipotesis diuji dengan analisis Regresi Linier Berganda .
Kesimpulan pada penelitian ini adalah Secara parsial Pendapatan sewa modal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Pendapatan pada Perum pengadaian Malang. Secara parsial Jumlah Nasabah berpengaruh secara signifikan terhadap Pendapatan pada Perum Pengadaian Malang. Kemudian secara parsial Tingkat Inflasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Pendapatan pada Perum pengadaian Malang. Dan Pendapatan sewa modal , Jumlah Nasabah dan Tingkat Inflasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap pendapatan pada Perum Pengadaian Malang.

Keywords


Pendapatan Sewa modal, Jumlah Nasabah, Tingkat Inflasi dan Pendapatan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.