ANALISIS PENGARUH HARGA, LOKASI, FASILITAS, DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP (STUDI KASUS PADA HOTEL KARTIKA GRAHA MALANG)

Ahmad Barjaos

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, lokasi, fasilitas, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen untuk menginap di Hotel Kartika Graha Malang. Sampel dari penelitian ini adalah 85 responden, dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu analisis regresi linier berganda. Analisis ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi sebagai berikut, Y = 0,087 + 0,534 X1 + 0,230 X2+ 0,171 X3 + 0,321 X4. Variabel harga memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian sebesar 0,528, kemudian diikuti oleh variabel kualitas pelayanan sebesar 0,330. Sedangkan variabel fasilitas mempunyai pengaruh paling rendah dibandingkan variabel lain sebesar 0,182.
Pengujian hipotesis menggunakan uji t yang menunjukan bahwa keempat variabel independen yaitu Harga (X1), lokasi (X2), fasilitas (X3), dan kualitas pelayanan (X4) yang diteliti terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan menginap (Y). kemudian melalui uji f dapat diketahui bahwa variabel harga, lokasi, fasilitas, dan kualitas pelayanan memang tepat untuk menguji variabel dependen keputusan menginap. Angka koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 56,1% variasi keputusan menginap dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen. Sedangkan sisanya 43,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini

Keywords


Harga, Lokasi, Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Keputusan Menginap

Full Text:

PDF

References


Kotler, P. dan Keller, K.L. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jilid 2. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Indeks.

Tjiptono, F. 2010. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.