PENGARUH NILAI JAMINAN, LABA USAHA, OMSET USAHA, UMUR USAHA, JUMLAH TANGGUNGAN KELUARGA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KRDIT PADA KOPERASI UNIT DESA (KUD) KARANGPLOSO MALANG

Daria Seri

Abstract


Koperasi Unit Desa sebagai sebuah bidang usaha yang kompleks, salah satu unit usaha yang dijalankan yaitu pemberian kredit. Tindakan pengambilan keputusan pemberian kredit harus berpedoman pada kemampuan calon kreditur dalam melunasi kredit yang didukung oleh adanya nilai jaminan, laba usaha yang tinggi, omset usaha, umur usaha dan jumlah tanggungan keluarga yang sedikit.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh nilai jaminan, laba usaha, omset usaha, umur usaha dan jumlah tanggungan keluarga secara simultan terhadap pengambilan keputusan pemberian kredit pada Koperasi Unit Desa (KUD) Karangploso Malang. Penentuan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis pruposive sampling, Peneliti mengambil sebanyak 50 sampel Pengambilan Keputusan Pemberian Kredit pada Koperasi Unit Desa (KUD) Karangploso Malang yang merupakan responden dari penelitian ini. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier berganda dengan mengunakan program SPSS.
Hasil penelitian membuktikan bahwa secara simultan nilai jaminan, laba usaha, omset usaha, umur usaha dan jumlah tanggungan keluarga berpengaruh signifikan dan positif terhadap pengambilan keputusan pemberian kreditpada Koperasi Unit Desa (KUD) Karangploso Malang, dengan nilai Fhitung(90,481) atau sebesar 95,0%. Adapun yang perlu di perhatikan Koperasi Unit Desa (KUD) Karangploso Malang untuk menerapkan prinsip 5C dalam pengambilan keputusan pemberian kredit yaitu yaitu character (sifat atau kepribadian), capacity (kemampuan), capital (modal), condition (kondisi ekonomi) dan collateral (nilai jaminan) sehingga tidak terjadi hambatan terhadap pengambilan kredit oleh nasabah.

Keywords


Jumlah Tanggungan Keluarga, Koperasi Unit Desa (KUD), Laba Usaha, Nilai Jaminan, Pengambilan Keputusan Pemberian Kredit, Omset Usaha, Umur Usaha

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2004. Jawa Tengah Tahun Dalam Angka. Semarang: BPS Jawa Tengah.

Bastian dan Suhardjono. 2006. Akuntansi Perbankan. Jakarta : Salemba Empat.

Darmawi, Herman. 2012. Manajemen Perbankan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Handayani, Rejeki. 2011. “Analisis Struktur Kalimat pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Kartasura, Sukoharjo” (Skripsi). Surakarta: FKIP, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rachmawati. 2012. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kredit Usaha Mikro (Kum) Yang Diajukan Nasabah (Studi Pada Bank X Cabang Probolinggo)” (Skripsi). Malang: Universitas Brawijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.