EFEKTIVITAS PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA MALANG (STUDI KASUS DI KANTOR BP2D MALANG)

Noval Aris Sandy

Abstract


Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui Efektivitas Pajak Bumi dan Bangunan terhadap Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) dari tahun 2012 - 2016. Penelitian ini dilakukan di Kantor Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang. Analisis data yang digunakan untuk menghitung Efektivitas Pajak Bumi dan Bangunan yaitu dengan menggunakan rumus analisis rasio efektivitas dengan target pajak dan realisasi yang terjadi. Menurut tingkat efektivitas pemungutan pajak bumi dan bangunan di Kota Malang dapat ditarik kesimpulan bahwa Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) telah berhasil dalam merealisasikan pajak bumi dan bangunan yang selalu melebihi target yang telah ditentukan sebelumnya yaitu selama kurun waktu 5 tahun dari 2012 -2016. Terbukti pajak bumi dan bangunan Kota Malang selalu menunjukkan keterangan sangat efektif.

Keywords


Efektivitas Pajak Bumi dan Bangunan, Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Full Text:

PDF

References


Andi, Abdillah Hermansyah. 2015. “Efektivitas Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) di Dispenda Kota Makassar”(Skripsi). Makassar: Universitas Hasanuddin Makassar.

Evi, Suryani. 2016. “Efektivitas Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Dinas Pendapatan Kabupaten Pesawaran dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) (Studi pada Kecamatan Gedong Tataan dan Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran)” (Skripsi). Lampung: Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung

Gibson, Ivancevich, Donnelly. 1996. Organisasi Prilaku Struktur. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Halim, Abdul. 2004. Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Yogyakarta.

Mardiasmo. 2004. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: Andi.

Mardiasmo. 2006. Perpajakan. Yogyakarta : Andi.

Mardiasmo. 2009. Perpajakan Edisi Revisi. 2009. Yogyakarta: Andi.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Meliala, Oetomo. -. Perpajakan dan Akutansi Pajak. Jakarta: Semesta Media.

Nurmalasari, Rany. 2014. “Analisis Efektivitas dan Kontribusi Proses Pelayanan Pengalihan pengelolaan Serta pemasukan Pajak Bumi dan Bangunan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Mataram” (Skripsi). Malang: Univeraitas Brawijaya.

Prawoto, Agus. 2011. Penilaian Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan. Yogyakarta: BPFE

Siagian, Sondang P. 2001. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisinis. Bandung : Alfabeta.

Surya, Arisman, 2015. “Analisis Pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Takalar” (Skripsi). Makassar: Universitas Hasanuddin Makassar.

Waluyo. 2014. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.