FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIK USAHA KECIL UNTUK MEMBAYAR PAJAK PENGHASILAN (STUDI PADA UKM MINUMAN SARI APEL KOTA BATU MALANG)

Maria Selviana Balok Tahu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui apakah kesadaran wajib pajak berpengaruh terhadap pemilik usaha kecil dan menengah untuk membayar pajak, pemahaman terhadap peraturan perpajakan, persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan dan tingkat pendidikan terhadap kemauan membayar pajak pada pemilik usaha kecil dan menengah di kota batu yang berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel yang berjumlah 34 orang dengan metode kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda dan data tersebut dianalisis dengan menggunakan program SPSS 16.0. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah literatur atau kajian teoritis mengenai analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemilik usaha kecil dan menengah untuk membayar pajak penghasilan serta membuka kemungkinan untuk mengadakan penelitian lebih lanjut tentang permasalahan perbedaan membayar pajak penghasilan.

Keywords


Kesadaran, Presepsi, Pemahaman dan Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Arfan dan Ishak. 2005. Akuntansi Keprilakuan. Jakarta: Salemba Empat.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendeketan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Devano. S dan Siti Rahayu. 2006. Perpajakan: Konsep, Teori, dan Isu. Jakarta: Kencana.

Dwi, Ferry Prasetyo. 2006. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilik Usaha Kecil Menengah dalam Pelaporan Kewajiban Perpajakan di Daerah Jogjakarta” (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Ekawati, Liana. 2009. Pengaruh Persepsi Sangsi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jogja (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Komunikasi Indonesia.

Gusfahmi. 2007. Pajak Menurut Syariah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hanum, Zulia. 2010. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi PemilikUsaha Kecil Menengah dalam Pelaporan Kewajiban Perpajakan di Kota Medan” (Skripsi). Medan: Fakultas Ekonomi UMSU.

Hardiningsih, Pancawati. 2011. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak” (Skripsi). Jakarta: Universitas Stikubank.

Kurnia, Siti dan Eli Suhayati. 2009. Perpajakan Teori dan Teknik Perhitungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kurnia, Siti Rahayu. 2010. Perpajakan Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mardiasmo. 2008. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Muflih, Muhammad. 2006. Prilaku Konsumen dalam Prespektif Ilmu Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Nugroho, M Awal Satrio dan Bambang Teguh. 2008. Hal dan Kewajiban dalam Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Nurmantu, Safri. 2005. Pengantar Perpajakan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Siahaan, Marihot P. 2005. Pajak Daerah Retribusi Daerah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.