ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENINGKATAN PENDAPATAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (STUDI KASUS PADA UMKM MINUMAN SARI APEL DI KOTA BATU)

Bernadete Bala

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan sektor usaha yang mempunyai daya tahan tangguh menghadapi goncangan ekonomi dan penyedia lapangan kerja terbesar disamping juga masih menghadapi banyak hambatan untuk berkembang dan meningkatkan pendapatan. Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah terdiri dari berbagai macam faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal, namun dalam penelitian ini yang diteliti adalah faktor internal seperti modal, tenaga kerja dan pengalaman terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Penelitian dilaksanakan dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan regresi linear berganda yang diolah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner ke 34 responden dan diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y = 8,644 + (-0,042)X1 + (-0,258)X2 + 0,058X4 + e , dapat diketahui dari hasil analisis data hasil uji-t dari variabel pengalaman yakni 0,058 dengan taraf signifikansi 5% dapat diketahui variabel faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah terdiri dari berbagai macam faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Untuk meningkatkan pendapatan tidak hanya dengan modal, tenaga kerja dan pengalaman namun perlu adanya inovasi pada produk.

Keywords


Usaha Mikro Kecil Dan Menengah, Modal, Tenaga Kerja, Pengalaman, Peningkatan Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Allifah, N., Ashadi dan Hastuti, B. 2013. “Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas XI Semester 2 SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013” Jurnal Pendidikan Kimia, 2: 80-90.

Gilarso. 1999. Pengantar Ekonomi Mikro . Jakarta: Gramedia.

Habibi, Maksum, dkk. 1994. Akuntansi. Bandung: Yudhistira.

Imron, Ali. 2008. Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

John J. Wild. 2003. Financial Accounting: Information For Decisions. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. 2002. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nawawi, Hadari dan H.M.Martini Hadari. 2000. Instrumen Penelitian. Jakarta: Salemba.

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta Timur: Ghalia Indonesia.

Permana, Virgiawan Aditya. 2012. “Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Karakteristik Perusahaan terhadap CSR Disclosure (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI)” Diponegoro Journal of Accounting, Volume 1 Nomor 2 Hal 1-12.

Sadono, Sukirno. 2010. Makroekonomi. Teori Pengantar. Jakarta: Raja Grasindo Perseda.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharyanto, A. A. 2007. Panen Ayam Kampung Dalam 7 Minggu Bebas Flu Burung. Jakarta: Penebar Swadaya.

Suparmoko. 2010. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Yogyakarta: BPEF.

Tohar. 2000, Membuka Usaha Kecil. Yogyakarta: Kanisius.

Ritchie, J. R. Brent and Geoffrey I. Crouch .2003. The Competitive Destination A Sustainable Tourism Perspective.UK:CABI Publishing:

Ritchie, J.R. Brent and Simon Hudson. 2009. “Understanding and Meeting the Challenges of Consumer/Tourist Experience Research” International Journal Of Tourism Research Vol 11, 111–126.

Roger Le Roy Miller. 2000. Teori Mikro Ekonomi Intermediate. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wijono, Djoko. 2005. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Teori Strategi dan Aplikasi. Surabaya: Airlangga University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.