PENILAIAN KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISA RATIO KEUANGAN PADA BANK PERREDITAN RAKYAT (BPR) KAWAN

Maria Agustina Luruk

Abstract


Penilaian kinerja terhadap suatu perusahaan merupakan suatu tahap evaluasi kerja yang dapat meningkatkan kualitas pekerjaan bagi kelangsungan aktivitas perusahaan di dalamnya.memperhatikan kinerja perusahaan merupakan titik fokus yang pertama bagi perusahaan, Baik perusahaan keuangan (financcial enterprise) atau perusahaan bukan keuangan (non financial enterprise) dalam mengantisipasi persaingan yang semakin ketat untuk tetap mempertahankan kelangsungan perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengukur data dan mengevaluasi data yang ada. Data penelitian dengan menggunakan data keuangan periode yang lalu. Berdasarkan analisis terhadap kinerja keuangan PT. BPR Kawan, diperoleh kesimpulan bahwa kinerja PT. BPR Kawan berada pada kondisi baik dan telah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Dalam aspek rentabilitas PT. BPR Kawan mampu menanggung beban operasional yang ada dengan pendapatan operasional yang diterima dari setiap tahunnya. Dalam Likuiditas untuk PT. BPR Kawan memiliki kemampuan untuk memenuhi kewajiban yang harus segera dipenuhi dan dapat membayar kembali semua deposannya.

Keywords


Rasio likuiditas, Rasio Rentabilitas, Kinerja Keuangan

Full Text:

PDF

References


Astoni, Budi. 2009. “Peranan Koperasi Perikanan Mina Jaya DKI Jakarta Dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Nelayan Muara Angke” (Skripsi). Jakarta-Utara: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Effendi, Sofian dan Tukiran. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Feri, Kurniawan. 2009. “Hubungan Status Keanggotaan KUD Mandiri Mina Fajar Sidik Dengan Karakteristik Nelayan Di Sekitar PPI Blanakan Subang” (Skripsi). Bogor: IPB.

Komenaung. 2009. “Kinerja Unit Desa di Provinsi Bali” Jurnal Penelitian KUD. No 1-8.

Lasdi, Ludovicas. 2002. “Balanced Scorecard Sebagai Kerangka Pengukuran Kinerja Perusahaan Secara Komprehensif Dalam Lingkungan Bisnis Global” Jurnal Widya Manajemen dan Akutansi. Vol. 2 No. 2, hal. 150-169.

Mulyadi. 2009. “Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard” (Skripsi). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Permana, Rezki Ari. 2013. “Analisis Kinerja dengan Pendekatan Metode Balanced Scorecard.” Surakarta: Universitas Muhammadiyah.

Pratiwi, Umi. 2010. Balanced Scorecard dan Manajemen Strategic. Purwokerto: Universitas Soedirman.

Rosyid, Abdul dan Imam Triarso, Adam Brefin Mushtaf. 2013. “Analisis Kinerja Koperasi Unit Desa Makaryo Mino Dalam Usaha Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Di Kota Pekalongan” Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology No. 1 (Vol 2) : Hal-127.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV. Alfabeta.

Thalha, Achmad. 2010. Organisasi dan Staf Perpustakaan. Makassar: UMI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.