PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA KARJAWAN PADA KOPERSI UNIT DESA (KUD) KARANGPLOSO MALANG

Emiron Wonda

Abstract


Keberhasilan Kopersi Unit Desa untuk menjalankan usahanya tidak terlepas dari faktor sumber daya manusia. Cara meningkatkan kinerja karyawan didukung oleh kepuasan kerja dan komitmen organisasional sehingga pekerjaan yang dilakukan mampu meningkatkan kinerja koperasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan Pada Koperasi Unit Desa (KUD) Karangploso Malang secara simultan dan parsial. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode total sampling sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian sebanyak 35 karyawan KUD Karangploso Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier berganda dengan mengunakan program SPSS.
Hasil penelitian membuktikan bahwa secara simultan kepuasan kerja dan komitmen organisasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan di Koperasi Unit Desa KUD Karangploso Malang sebesar 5,924 atau 65,6%. Hasil uji t (parsial) membuktikan bahwa kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan di Koperasi Unit Desa KUD Karangploso Malang sebesar 3,389 dan komitmen organisasional berpengaruh terhadap kinerja karyawan di Koperasi Unit Desa KUD Karangploso Malang sebesar 3,149. Adapun yang perlu di perhatikan koperasi yaitu memberikan kebutuhan karyawan seperti peningkatan gaji dan memberikan suasana kerja yang santai sehingga bisa menghasilkan kinerja karyawan baik.

Keywords


Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan, Komitmen Organisasional, Koperasi Unit Desa (KUD)

Full Text:

PDF

References


Amalia, Kartika 2012. “Pegaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Agen PT Jasaraharja Putra Cabang Jakarta” (Skripsi) Depok: Fakultas Social Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Andini, R. 2006. “Analisis Pengaruh Kepuasan Gaji, Kepuasan Kerja, Komitmenorganisasional Terhadap Turnover Intention: Studi Kasus Pada Rumah Sakitroemani Muhammadiyah Semarang” (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro.

Gibson. P. Jr. 2008. Organizations : Behavior Structure Processes. New York: McGraw Hill

Luthans, F. 2011. Organizational Behavior 12th ed. New York: McGraw-Hill,Inc

Mangkunegara, A.P. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rosda Karya

Robbins, S.P. and Judge, T.A .2009. Organizational Behavior. New Jersey: Pearson.

Soejoedono, Rachmad. 2002. Ekonomi Sekala Kecil Atau Menengah dan Koprasi. Bogor: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.