KAJIAN TENTANG PENGELOLAAN KEUANGAN ALOKASI DANA DESA (ADD) (STUDI DI DESA LANDUNGSARI KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG)

Veronika Nika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan realisasi pelaksanaan dana ADD. Penelitian ini dilakukan di Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang.Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data yang diambil adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini peneliti mengambil data keuangan Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang selama periode 2017 yaitu mengenai proses perencanaan pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan realisasi pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara umum pengelolaan keuangan Alokasi Dana Desa (ADD) berjalan dengan lancar. Hal tersebut dapat dilihat dari proses pelaksanaan mulai dari awal hingga akhir, yaitu penetapan petugas pengelolaan keuangan desa, penyusunan rencana anggaran proses perencanaan yang sesuai dengan rencana dari hasil rapat desa, pelaporan penggunaan keuangan dengan panduan serta prosedur yang telah ditentukan yaitu melalui beberapa tahapan dan verifikasi, serta publikasi laporan keuangan yang transparan terhadap masyarakat desa. Seperti dalam proses perencanaan yang melibatkan masyarakat Desa Landungsari melalui forum musyawarah (MUSRENBANG Desa), pada proses pelaksanaan anggaran/kegiatan yang sudah terealiasasi sesuai dengan perencanaan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Keywords


Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD)

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, Raharjo. 2006. Membangun Desa PartisipasifI. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Caro Cornelius Complek. 2015. “Pengelolaan Alokasi Dana Desa Perongkan Kecamatan Sekadau Hulu Kabapaten Sekadau” Governance, ejurnal S-1 Ilmu Pemerintah Vol 4 No 3 Edisi September 2015. jurmafis.untan.ac.id/index.php/governance/article/view/596/di askes 12/11/2017

Munawir. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Moleong J, Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumiati. 2015. “Pengelolaan Alokasi Dana Desa pada Desa Ngantabaru Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi” (Tesis). Program Studi Magister Administrasi Publik Universitas Tadulako.

Solekhan, Moch. 2014. Penyelenggaraan Pemerintah Desa Berbasis Partisipasi Masyarakat. Malang. : Setara Press.

Stoner, James A.F. 2006. Management Englewood Chiffs. N J : Prentice Hal, Inc.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabet.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitaif & Kualitatif. Bandung: Alfabet.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.