PERSEPSI TENTANG PENERAPAN PERATURAN PEMERINTAH NO 36 TAHUN 2017 TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PRIBADI (STUDI KASUS DI KPP PRATAMA KOTA MALANG SELATAN)

Nunung Lestari

Abstract


Peraturan Pemerintah No.36 Tahun 2017 ini merupakan tindak lanjutan dari Tax Amnesty yang masa pelaporannya sudah berakhir. Pemerintah juga mengharap dengan keluarnya peraturan ini bisa memberikan kesadaran dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam menjalankan kewajibannya kepada Negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi tentang penerapan peraturan pemerintah no. 36 tahun 2017 terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kota Malang Selatan.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan, dan teknik sampling menggunakan purposivesampling yaitu sebanyak 30 orang. Instrumen menggunakan kuesioner, analisisi yang digunakan adalah regresi linier sederhana.
Hasil penelitian didapatkan nilai r square (r2) sebesar 0,674, dan nilai thitung ≥ ttabel(4,620 ≥ 2,0424,620 ≥ 1,697). Sehingga dapat dikatakan bahwa variabel persepsi tentang penerapan Peraturan Pemerintah No.36 tahun 2017 berpengaruh secara parsial terhadap variabel kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama di kota Malang Selatan.Dengan demikian, pengetahuan tambahan kepada Wajib Pajak Orang Pribadi tentang kerahasiaan Wajib Pajak yang mengikuti tax amnesty yang dapat menjamin Wajib Pajak Orang Pribadi untuk bersedia melaporkan tunggakan pajak yang dialami.

Keywords


Persepsi, Peraturan Pemerintah, Kepatuhan Wajib Pajak

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.

Ngadimandan Daniel Huslin. 2015. “Pengaruh Sunset Policy, Tax Amnesty, danSanksiPajakTerhadapKepatuhan Wajib Pajak”(Skripsi). UniversitasTaruma Negara.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.