FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNITRI MALANG DALAM PEMBELIAN KARTU PERDANA MEREK TELKOMSEL

Anjar Diana Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku mahasiswa Fakuktas Ekonomi Unitri Malang dalam pembelian kartu perdana bermerek Telkomsel. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan Populasi yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Unitri Malang jurusan Manajemen dan akuntasnsi angkatan 2016 yang berjumlah 236 dan 223, dan teknik pengambilan sampel yang dilaukan oleh penelitian akan dilakuakn pada 100 responsen yang menggunakan kartu perdana Telkomsel.
Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan metode wawancara, observasi dan kuesioner dimana data yang akan diolah adalah data primer yang didapat dengan metode analisis kuantitatif dan metode analisa data dengan analisis regresi linier berganda. Yang dimana dalam analisis tersebut akan menggunakan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil dari data yang diolah maka hasil menunjukan bahwa variable kualias produk dan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemelian sedangkan saluran distribusi dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan antara variable yang diteliti yakni produk, harga, saluran distribusi dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada kartu perdana Telkomsel dengan mengahsilkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel dengan nilai probabilitas signifikan lebih besar dari nilai < 0,05.

Keywords


Kualitas Produk, Harga, Saluran Distrbusi, Promosi

Full Text:

PDF

References


Anindita, A. 2010. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa SMU di Tangerang Dalam Keputusan Pembelian Kartu IM3 Prabayar” (Skripsi). Universitas Tangerang.

Arif, Isnaini. 2005. Model dan Strategi Pemasaran. Mataram : NPP Press.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Produk. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran, Cetakan Kedelapan Edisi Satu. Jakarta : PT. Raja Grafindo Pusada.

Bahri, S. 2016. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Membeli Kartu Seluler Lebih Dari Satu” (Skripsi). Universitas Malang.

Jabir, R. 2012. “Faktor Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen DalamMemilih Produk Kartu AS (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unhas)” (Skripsi). Universitas Hasanuddin Makasar.

Gitosudarmo, Indriyo. 2008. Manajemen Pemasaran, edisi kedua, cetakan pertama. Yogyakarta : BPFE.

Kasali, Rhenal. 2005. Membidik Pasar Indonesia, Segmentasi, Targeting Dan Positioning. Edisi Ketiga. Cetakan Ketujuh. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kotler. P. and G. Amstrong. 2004. Priniples of Marketing. 10th ed. Pearsn Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Gery Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasasran (Priciples of Marketing), Edisi Bahasa Indonesia, jillid I. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip 2005. Manajemen Pemasara. Edisi Kesebelas. Jilid I. Alih Bahasa: Benyamin Molan. Jakarta : PT Intan Sejati Klaten.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Indeks.

Kotler, Philip dan Amstrong, 2002. Perinsip-Perinsip Pemasaran, Edisi Kedelapan. Jakarta : Erlangga.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2002. Perilaku Konsumen, edisi revisi. Jakarta : cetakan.

Machfoeds, Mahmud. 2007. Pengantar Bisnis Modern. Andi, Yogyakarta.

Salmah, Ayu NN. 2015. “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetika Sari Ayu Pada Toko La Tahzan Palembang” dalam Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 12, No.1, hal 2.

Sekaran, Uma. 2006. Research Methods for Business (Metodelogi Penelitian Untuk Bisnis), buku dua, edisi keempat. Jakarta : Salemba Epat.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi, Edisi kedua. Jakarta : CV, Alfabeta.

Suharno, dan Yudi Sutarso. 2009. Marketing in Practice. Samarinda : Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen. Cetakan 2. Bogor Selatan : Ghalia Indonesia.

Supranto, J. 2001. Pegukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT. Renika Cipta.

Swasta DH, Bayu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasara Modern. Cetakan 13. Yogyakarta : Liberty.

Tjiptono, Pandy. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Cetakan Keenam. Yogyakarta : Penerbit. Andy.

Wijayanto, A. 2011. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember Dalam Pembelian Kartu Perdana Prabayar Merek IM3” (Skripsi). Universitas Jember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.