HUBUNGAN STRES KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PG KEBON AGUNG PAKISAJI MALANG

Falentin Rade Jaga

Abstract


Stres kerja merupakan kondisi ketegangan yang dialami karyawan dalam menghadapi pekerjaan sehingga dapat mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang serta akan dapat mempengaruhi produktivitas. Tujuan dari penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui tingkat stress kerja keryawan dia PG Kebon Agung Pakisaji Malang 2) Untuk mengetahui tingkat produktivitas kerja karyawan di PG Kebon Agung Pakisaji Malang 3) Untuk mengetahui hubungan stres kerja dengan produktivitas kerja karyawan di PG Kebon Agung Pakisaji Malang.
Penelitian ini dilakukan di PG Kebon Agung Pakisaji Malang pada 1 Januari- Februari 2018. Jenis data yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Data yang ditemukan berupa data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh staff karyawan tetap di PG Kebon Agung Pakisaji Malang yang berjumlah 30 karyawan.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yang diberlakukan bagi seluruh staff karyawan tetap di PG Kebon Agung Pakisaji Malang yang berjumlah 30 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan kepustakaan, observasi, kuesioner dan wawancara.Data yang diperoleh dianalisa menggunakan rumus korelasi berjenjang Carl Spearman dengan bantuan SPSS 16.
Hasil penelitan menunjukan bahwa: 1) Mayoritas karyawan di PG Kebon Agung Pakisaji Malang memilki tingkat stres kerja yang rendah. Hal ini dibuktikan dari jawaban responden yaitu total staff karyawan tetap di PG Kebon Agung Pakisaji Malang yang mengatakan sangat tidak setuju dengan stres kerja yang ada di PG Kebon Agung Pakisaji Malang 2) Mayoritas karyawan di PG Kebon Agung Pakisaji Malang memilki tingkat produktivitas kerja yang tinggi. Hal ini dibuktikan dari jawaban responden yaitu karyawan di PG Kebon Agung Pakisaji Malang yang mengatakan sangat setuju dengan produktivitas kerja yang ada di PG Kebon Agung Pakisaji Malang. 3) Terdapat hubungan signifikan negatif antara stres kerja dengan produktivitas kerja karyawan di PG Kebon Agung Pakisaji Malang. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0.904 dan nilai signifikans sebesar 0,000, sehingga dapat diartikan bahwa nilai signifikansi p<0,05.

Keywords


Stress Kerja, Produktivitas Kerja, Karyawan

Full Text:

PDF

References


Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Gaffar, Hulaifah. 2012. “Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan” (Skripsi). Makassar : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Gunawan, Cakti. 2015. Strategi Sumber Daya Manusia. Purwokerto: CV.IRDH.

Gunawan dan Reiza. 2016. “Dampak Pengurangan Tenaga Kerja Migran Sektor Informal” dalam jurnal Strategi Pengembangan Ekonomi Sumber Daya Manusia Vol.3 No.1

Handoko, T Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Kerlinger, Fred N. 2004. Asas-asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Universitas Gadjahmada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&G. Bandung :Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winarsunu, Tulus. 2006. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Tjutju Yuniarsih dan Suwatno. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.