PENGARUH KUALITAS BAHAN BAKU TERHADAP KUALITAS HASIL PRODUKSI (STUDI PADA UD. RIZKY DI KOTA BATU)

Heldo Abduhu

Abstract


Pemilihan bahan baku yang berkualitas tentunya akan diikuti dengan suatu proses produksi yang efektif. Pemilihan bahan baku bertujuan untuk memperoleh hasil produksi yang berkualitas. Kualitas produk merupakan hasil yang telah dicapai oleh suatu manajemen dalam berpoduksi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas bahan baku terhadap kualitas hasil produksi di UD. Rizky Kota Batu. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan secara kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen di UD Rizky Batu, dan sampel yang diambil sebanyak 30 responden. Instrumen yang dugunakan adalah kuesioner, dan menggunakan analisisi regresi linier sederhana.
Hasil penelitian didapatkan nilai r square (r2) sebesar 0,467, hasil pengujianuji t didapatkan nilai thitung ≥ ttabel(4,951≥1,697) dengan nilai signiifkan 0,000 (p value< 0,05),sehingga dapat dapat disimpulkan bahwa pengaruh signifikan kualitas bahan baku terhadap kualitas hasil produksi.Dengan demikian pihakUMKM dapat menjaga kualitas hasil produksi dengan menjaga kualitas bahan bakunya, dan untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya seleksi bahan baku yang harus digunakan dan diperlukan adanya engawasan saat proses produksi dan pengiriman shingga hasil produksi tetap terjamin mutunya.

Keywords


Kualitas Bahan Baku; Kualitas Hasil Produksi

Full Text:

PDF

References


Handoko, T. Hani. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Produksi Dan Operasi. Yogyakarta : BPFE.

Herawati, H dan Mulyani, D. “Pengaruh Kualitas Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Pada UD. Tahu Rosydi Puspan Maron Probolinggo” dalam Prosiding Seminar Nasional 2 (4) : 463-482

Nurul, Farida. 2016. “Pengaruh Kualitas Bahan Baku Terhadap Kualitas Hasil Produksi (Studi Pada CV Mebel Bima Karya Kabupaten Blitar)” jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Ekonomi. 9 (2) : 19-26.

Rafikah, Z. N. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Alat Produksi,Harga Bahan Baku,Pemakaian Bahan Baku,Jumlah Tenaga Kerja TerhadapVolume Produksi( Studi Kasus Pada Industri Sarung Tenun di Desa Parengan Maduran)” dalam jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi. 1(3):159-170.

Rangkuti, F. 2007. Manajemen Persediaan. Aplikasi di Bidang Bisnis. Cetakan Keempat. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.