ANALISIS EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA AILANI FOOD (STUDI PADA UKM ABON JAMUR TLOGOMAS)

Miftakul Afif

Abstract


Perkembangan teknologi dan informasi sudah mencapai tahap yang cukup efisien sehingga mampu mendominasi hampir seluruh sektor bisnis. Hampir semua kegiatan bisnis kini sudah memanfaatkan kemudahan dari akses internet dalam transaksi bisnisnya. Salah satunya adalah bisnis makanan yang telah menggunakan internet sebagai transaksi pembayaran maupun pemasaran. Adapun hasil dari wawancara/interview pada penelitian ini bahawa experiential marketing yang dilakukan oleh UKM Abon Jamur merupakan suatu pengalaman dalam pelayanan yang diberikan kepada pelanggan sejauh mana pelanggan merasa puas dengan experiential marketing UMK Abon Jamur
Sedangkan hasil analisi menggunakan matrik yaitu pada analisi matrik EFE (Ekternal factor Evaluation) memiliki skor bobot dari factor peluang dan ancaman yaitu memilki jumlah 2,71. Matrik IFE (Internal Faktor Evaluation) memiliki skor bobot dari factor kekuatan dan kelemahan yaitu memilki jumlah 2,77 dan yang menjadi penentu atau peramalan dalam perusahaan ekpriental marketing yang dilakukan yaitu dilihan dari matrik IE (Internal-Ekternal) dengan melihat bobot skor IFE dan EFE dengan penejelasan matrik IE hasil skor bobot IFE 2,77 di atas rata-rata 2,5 dan hasil skor bobot EFE 2,71 diatas rata-rata 2,5 maka kepuasan pelanggan berada pada angka V yang artinya menjaga dan mempertahankan penjualan produk.

Keywords


Experiental Marketing Dan Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Andreani, Fransisca. 2007. “Experiential Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran)” dalam Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.2 No.1 April hal.1 – 8.

Ariesto, H. Sutopo. 2011. Terampil Mengolah Data Kualitatif Dengan NVIV. Jakarta : Prenada Media Group.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Barmawi, Ma’aza K. 2012. “Pengaruh diskonfirmasi positif, kepuasan dan loyalitas terhadap informasi dari mulut ke mulut pengunjung taman kota di Surabaya” dalam jurnal STIE Perbanas Surabaya.

David, F. R. 2009. Manajemen Strategis. Jakarta : Salemba Empat.

Deliyanti, Oentoro. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Laks Bang PressIndo.

Garbarino, E. Dan Johnson, M. 1999. “The Different Roles of Satisfaction, Trust, and Commitment in Customer Relationship” dalam Journal of Marketing, 63 : 70.

Hamzah, Amir. 2007. “Analisis Experiential Marketing, Emotional Branding dan Trust Terhadap Loyalitas Merek Mentari” dalam jurnal Usahawan Hal. 22-28.

Handal, Nehemia S. 2010. “Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas” dalam jurnal Manajemen Universitas Diponegoro.

Ikhwan, Fahri. 2011. Experiential Marketing. Bandung : ITB.

Irawati, Susan. 2008. Akuntansi Dasar 1 & 2. Bandung : Pustaka.

Kertajaya, Hermawan. 2004. Riset Pemasaran. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kedua Belas. Jakarta : PT. Indeks.

Kotler, Philip dan Amstro ng, gary. 2014. Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Kustini. 2007. “Penerapan Experiential Marketing” dalam jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol. 7, No. 2. UPN “Veteran”Jawa Timur.

Musanto. Trisno. 2004. “Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan : Studi Kasus Pada CC. Sarana Media Advertising Surabaya” dalam jurnal Manajemen dan Kewirusahaan Vol. 6 (2) : 123-136

Rahmawati, 2003. “Pengaruh Sense dan Feel dari Experiential Marketing pada Soto Gebrak” dalam jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.3 No.2 Agustus hal.109 – 121.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.CV.

Sukardi. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Kompetensi dan Praktik. PT. Bumi Jakarta.

Suparyanto, Rosad W. 2015. Manajemen pemasaran. Bogor : In Media.

Surianto, Agung dan Aisyah, Nurul. 2009. “Pengaruh Penerapan Experiential Marketing Strategik Terhadap Kepuasan” dalam jurnal Logos Vol. 6, No. 2. Universitas Muhammadiah Gresik.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: PT.ANDI Offset.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Jakarta : Andi.

Wood, Ivonne. 2009. Layanan Pelanggan: Cara Praktis, Murah dan Inspiratif Memuaskan Pelanggan Anda. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wibowo, Lili A. 2004. “Pengaruh Experiential Marketing dan Emotional Value, terhadap Loyalitas Café dan Resto di Kawasan Cihideung Lembang Bandung” dalam jurnal Strategic Program Pendidikan Manajemen Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia.

Wijayanti, Ari. 2008. “Strategi Meningkatkan Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan” dalam jurnal Program Studi Magister Manajemen. Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.