PENGARUH FAKTOR PRODUKSI TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI PADA PENGUSAHA MAKANAN (STUDI KASUS PENGUSAHA MAKANAN DI SEKITAR UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG)

Mumtazaful Asniyah

Abstract


Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan usaha yang berbentuk perorangan atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-undang atau kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas adalah kegiatan usaha kecil. Namun ada beberapa permasalaham yang kerap dihadapi oleh UMKM pengusaha makanan di sekitar Universitas Tribhuwana Tunggadewi, baik dari segi tenaga kerja, modal maupun bahan baku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari faktor produksi tenaga kerja, modal dan bahan baku terhadap peningkatan produksi pengusaha makanan di sekitar Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis diperoleh bahwa nilai koefisien regresi masing-masing variabel bebas yaitu variabel tenaga kerja, modal dan bahan baku berpengaruh secara positif terhadap peningkatan produksi. Dari hasil uji-t (parsial) tenaga kerja, modal dan bahan baku berpengaruh positif dan signifikan. Uji F menunjukkan tingkat produksi pengusaha makanan dipengaruhi oleh tenaga kerja, modal dan bahan baku sebesar 68,9 %.

Keywords


: Faktor Produksi, Tenaga Kerja, Modal, Bahan Baku, Peningkatan Produksi

Full Text:

PDF

References


Agustina, Made dan Kartika, Nengah. 2017. “Pengaruh Tenaga Kerja, Modal & Bahan Baku terhadap Produksi Industri Kerajinan Patung Kayu Di Kecamatan Tegallalang” dalam E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol.6, No.7.

Alam, Situmorang. 2008. Ekonomi Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Esis.

Amalia, Irma. 2015. “Pengaruh Tenaga Kerja Dan Bahan Baku Terhadap Peningkatan Hasil Produksi Pada Industri Tempe (Studi Kasus Di Desa Bojongsari Kabupaten Indramayu)” (Skripsi). Cirebon : Institut Agama Islam Negeri (Iain) Syekh Nurjati Cirebon.

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit. Jakarta : Rineka Cipta.

Brigham, Eugene dan Joel F Houston. 2001. Manajemen Keuangan II. Jakarta : Salemba Empat.

Frank, Jefkins. 1997. Periklanan. Jakarta : Erlangga.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, E. dan Armaini, D. 2016. “Pengaruh Produksi Beras, Harga Beras Dalam Negeri Dan Produk Domestik Bruto Terhadap Impor Beras Di Indonesia” dalam jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan, 1(2),`1 455-466.

Hamidi, Khamilan dan Lamusa, Arifuddin. 2014. “Pengaruh Faktor-Faktor Produksi Terhadap Produksi Usaha Industri Kerajinan Tangan Mutiara Ratu Di Kota Palu” dalam jurnal Palu : E-J. Agrotekbis 2 (6).

Heizer Jay, Render Barry. 2005. Operations Management. Jakarta: Salemba Empat.

Herawati, Efi. 2008. “Analisis Pengaruh Faktor Produksi Modal, Bahan Baku, Tenaga Kerja dan Mesin terhadap Produksi Glycerine Pada PT. Flora Sawita Chemindo Medan” (Skripsi). Universitas Sumatra Utara.

Herawati, H. 2008. “Penentuan Umur Simpan Produk Pangan” dalam Jurnal Litbang Pertanian, 27(4).

James. L. Pappasdan Mark Hirschey. 1995. Ekonomi Manajerial. Jakarta. Binarupa Aksara.

Joesron, Suhartati dan Fathorrozi. 2003. Teori Ekonomi Mikro. Jakarta : Salemba Empat.

Mutiara, Ayu. 2010. “Analisis Pengaruh Bahan Baku, Bahan Bakar Dan Tenaga Kerja Terhadap Produksi Tempe Di Kota Semarang” (Skripsi). Semarang : Universitas Diponegoro.

Nawawi, Hadari. 1990. Administrasi Personel: Untuk Peningkatan Produktivitas Kerja. Jakarta : Haji Mas Agung.

Panneerselvam, A. Mahalingam, R. R. Bharathidasan, and V. Ambikapathy. 2012. “Phytochemical Compunds Analysis of Pandanus odoratissimus” dalam Asian Journal of Plant Science and Research 2 (3) : 228 – 231.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.