ANALISIS EFEKTIFITAS TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI PADA KERIPIK MENTARI NGANTANG

Tri Andi Y Susilo

Abstract


Dalam sektor industri atau manufaktur salah satu masalah yang sering timbul adalah mengenai tata letak (layout), kurang mengerti dengan alat – alat yang digunakan, bahan baku, maupun biaya yang diperlukan dalam proses produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi tata letak fasilitas produksi dan efektifitas tata letak fasilitas produksi. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Kemudian data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu, reduction data, display data dan verification data.
Hasil dari penelitian ini adalah, 1. Kondisi tata letak fasilitas produksi pada Keripik Talas Mentari Jaya Ngantang dalam kondisi baik, dikarenakan telah memenuhi standar atau ciri ciri tata letak yang baik (Hadiguna dan Setiawan), 2.Tata Letak Fasilitas Produksi pada Keripik Talas Mentari Jaya Ngantang sudah efektif, dikarenakan kondisi tata letak fasilitas produksi dalam keadaan baik.

Keywords


Efektifitas, Tata Letak Fasilitas Produksi

Full Text:

PDF

References


Ayu, P.W.D. 2017. “Analisis Pengukuran Tingkat Efektivitas dan Efisiensi Sistem Informasi Manajemen Surat STIKOM Bali” dalam jurnal Sistem dan Informatika Vol. 11.

Hadiguna, Rika Ampuh & Setiawan, Heri. 2008. Tata Letak Pabrik. Yogyakarta: ANDI.

Heizer, Jay dan Render, Barry. 2010. Manajemen Operasi. Edisi Kesembilan Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Kalangi,A.S., Lapian, J & jorie,R.J. 2016. “Pengaruh Layout penggelolaan Sarana Prasarana Terhadap Ojek Wisata Gunung Mahawu Di Kota Tomohon” dalam jurnal EMBA, Vol.4 No.5, ISSN 2303-1174. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Maheswari, Hesti & D.F. Achmad. 2015. “Evaluasi Tata Letak Fasilitas Produksi Untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja Pada PT. Nusa Multilaksana” dalam jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 1, No. 3. Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana.

Wignjosoebroto, Sritomo. 1992. Tata Letak dan Pemindahan Bahan, Edisi Kedua. Jakarta : Guna Widya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.