PENGARUH MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN STUDI KASUS PADA UMKM KERIPIK APEL AN-AZ JAYA KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU

Asiyong Asiyong

Abstract


Penelitian ini dilakukan disalah satu UMKM (usaha mikro kecil menengah) yaitu UMKM Keripik Apel An-Az Jaya Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Tujuan dari penelitian ini melihat bagaimana cara pemberian motivasi yang baik serta kepuasan kerja yang ditunjukkan karyawan kepada UMKM tersebut dan apa pengaruh motivasi, kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan khususnya di UMKM Keripik Apel An-Az Jaya.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang dimana populasi penelitian ini berjumlah 30 orang yang merupakan seluruh karyawan. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel keseluruhan karyawan, sehingga seluruh anggota populasi menjadi anggota sampel. Penelitian ini pengambilan sampel menggunak teknik sampling jenuh. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui penyebaran angket atau kuesioner, dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software komputer SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi (X1) berpengaruh positif dengan diperoleh nilai t-hitung 0,338 > 1,703 dengan nilai signifikan sebesar 0,738. Sedangkan kepuasan kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan dengan diperoleh nilai t-hitung 2,593 > 1,703 dengan nilai signifikan sebesar 0,015. Dan kedua variabel berpengaruh secara simultan terhadap produktivitas kerja karyawan dengan diperoleh nilai F-hitung 4,350 > 0,420 dengan nilai signifikan sebesar 0,023. Serta diperoleh hasil uii koefisien determinasi sebesar 24,4% dan sisanya 75,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Keywords


Motivasi, Kepuasan Kerja, Produktivitas Kerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Edy Sutrisno. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Kencana Permada Media Group.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nuraini, T. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Pekanbaru: Yayasan AiniSyam.

Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.