ANALISIS PENERAPAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK-ETAP PADA PERUSAHAAN SANITAIR DAN GYPSUM RAGAM INDAH BACHRI DARMO MALANG

Linda Linda

Abstract


Standar Akuntsi Keuangan Entitas tanpa Akuntabilitas Publik menyajikan laporan keuangan SAK ETAP untuk mempermudahkan perusahaan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan serta menganalisis kinerja keuangan suatu perusahaan. Laporan keuangan berfungsi untuk posisi keuangan pada suatu perusahaan, kinerja dan arus kas sehingga dapat dijadikan dasar untuk membuat keputusan-keputusan ekonomi di suatu perusahaan.
Perusahaan Sanitair dan Gypsum “Ragam Indah Bacri Darmo” Malang adalah sebuah perusahaan manufaktur dibidang kerajinan sanitair di Jalan Klasema no 345 Rt. 6 Rw. 2 Kota Malang. Perusahaan Sanitair dan Gypsum ‘’Ragam Indah Bacri Darmo’’ ini sudah lama didirikan dan memiliki aktivitas bisnis yang memadai namun belum menerapkan SAK ETAP terdiri dari 5 komponen yaitu: ada neraca, laporan laba rugi dan laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, catatan atas laporan keuangan.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis pendekatan induktif penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu, (1)sumber data yang dilakukan, data primer dan data sekunder (2) teknis pengumpulan data dilakukan dengan wawan cara, observasi, dan dokumentasi, (2) teknis analisis data yang dilakukan, reduksi data, penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem pencatatan laporan keuangan pada perusahaan Sanitair dan Gypsum’’ Ragam Indah Bacri Darmo’’ dicatat secara manual dan masih sanggat sederhana. Alasannya membuat pencatatan sederhana karena pemilik masih kurang memahami cara pencatatan laporan keuangan yang sesuai dengan standar dan masih kurang karena keterbatasan waktu sehinga untuk menyusun laporan keuangan sesuai SAK ETAP masih belum diterapkan. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberi informasi bagi pemilik Perusahaan Sanitair & Gypsum’’ Ragam Indah Bacri Darmo’’ Malang dalam menerapkan Laporan keuangan SAK ETAP.

Keywords


Standar Akuntansi Keuangan SAK ETAP

Full Text:

PDF

References


Ikatan Akuntansi Indonesia. 2015. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta Selemba Empat.

Ismail. 2010. Pengertian Akuntansi. Jakarta: Grasiondo.

Kieso, et al. 2016. Buku Ajar Pengantar Akuntansi 1. Yogyakarta: Budi Utomo.

SAK-ETAP. 2016. “Faktor-fakotor yang Mempengaruhhi Prosesi Pengusaha Tentang Pentingnya Jumlah Kredit secara Prospek Implementasi SAK-ETAP” (Skripsi). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.