ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DENGAN ECONOMIC ENTITY CONCEPT (STUDI PADA TOKO KERAMIK DINOYO KOTA MALANG)

Maria Dewi Ratnasari

Abstract


Analisis pengelolaan keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah sebagai suatu alat dalam merencanakan kebijakan terutama dalam meningkatkan kinerja usaha. Analisis pengelolaan keuangan meliputi mencatat transaksi, neraca dan laporan laba rugi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengelolaan keuangan berdasarkan Economic Entity Concept pada Usaha Mikro Kecil Menengah Toko Keramik Dinoyo Kota Malang. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian mengunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan yaitu laporan keuangan Toko Keramik Dinoyo Kota Malang periode Desember 2018. Metode analisa data yang di gunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa pengelolaan keuangan usaha mikro kecil menengah dengan economic entity concept pada Toko Keramik Dinoyo Kota Malang sudah cukup baik karena menyediakan informasi akuntansi cukup lengkap mulai dari neraca dan laporan laba rugi. Informasi dari laporan keuangan Toko Keramik Dinoyo Kota Malang dinyatakan jelas mulai dari laba usaha periode desember 2018 sebanyak Rp 6.230.000. Kondisi keuangan Toko Keramik Dinoyo Kota Malang dinyatakan mengalami keuntungan cukup tinggi, sehingga mampu menjalankan usahanya dengan baik. Berdasarkan hal tersebut membuktikan bahwa UMKM perlu menerapkan pengelolaan keuangan dengan economic entity concept mulai dari membuat neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan.

Keywords


Economic Entity Concept, Pengelolaan Keuangan, Usaha Mikro Kecil Menengah

Full Text:

PDF

References


Alam, Syamsu. 2017. “Efektivitas Pelaksanaan Akuntansi Pada UMKM Di Kota Makassar’’ dalam Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Ekonomi vol 10 hal 1. Jakarta: Universitas Muslim Indonesia.

Amirullah, Imam. 2015. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Harahap, Sofyan S. 2014. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Horne, J.C.V. 2014. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Layyinaturrobaniyah, Wa Ode Zusnita Muizu. 2017. “Pendampingan Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Di Desa Purwadadi Barat Dan Pasirbungur Kabupaten Subang’’ dalam Jurnal Pekbis vol 9 hal 2. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Munawir, S. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Risnaningsih. 2017. “Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Dengan Economic Entity Concept’’ dalam Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan vol 1 hal 1. Malang: Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

Sawir, Agnes. 2013. Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.