EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN KAS DAN PENGELUARAN KAS PADA UMKM KERAJINAN KERAMIK SOEHARTO

Marliani Lende

Abstract


Sistem informasi akuntansi adalah sekelompok struktur dalam sebuah entitas yang mengelolah sumberdaya fisik dan memperdaya lain untuk mengubah data ekonomi menjadi informasi akuntansi, agar dapat memenuhi kebutuhan informasi berbagai pihak. Kegiatan penjualan yang dilakukan mengharuskan perusahaan/UMKM ini untuk mempunyai suatu sistem akuntansi yang baik karena banyaknya transaksi penjualan yang menimbulkan adanya penerimaan kas dan operasi perusahaan yang menimbulkan pengeluaran-pengeluaran kas maka sistem informasi yang ada haruslah berjalan dengan baik..
Tujuan penelitian yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimanakah system informasi akuntansi penerimaan kas pada UMKM Kerajinan Keramik ‘‘Soeharto’’. Dinoyo Malang. 2) untuk mengetahui bagaimanakah sistem informasi akuntansi pengeluaran kas pada UMKM Kerajinan Keramik ‘‘Soeharto’’. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dalam bentuk studi kasus, jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan primer, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi dan wawancara, metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif, kualitatif, yaitu analisis data yang digambarkan dalam uraian kata atau kalimat. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa untuk sistem informasi akuntansi penerimaan kas dan pengeluaran kas pada UMKM Kerajinan Keramik “Soeharto” belum berjalan secara efektif karena masih memiliki beberapa kekurangan diantaranya pemisahan tugas yang masih rangkap, bukti penerimaan kas dan pengeluaran kas serta jurnal penerimaan kas dan pengeluaran kas yang masih sederhana atau manual serta tidak adanya pengendalian intern kas.

Keywords


Sistem Informasi Akuntansi, Penerimaan Kas Dan Pengeluaran Kas

Full Text:

PDF

References


Baridwan, Zaki. 2008. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat..

Kahubung, Merystika. 2013. “Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas untuk Perencanaann dan Pengendalian Keuangan (Studi kasus pada jemaat Nafiri Malalayang Satu)” Jurnal EMBA. Vol.1 No.3 (2013) http://ejournal.unsrat.ac.id diakses 24 Januari 2016. Hal. 339-438.

Rosita, Ayu Ida. 2005. “Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada PT. Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Semarang” (Skripsi).Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Tuerah, Derny. 2013. “Evaluasi Efektifitas Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Pengeluaran Kas pada UD Roda Mas Manado” Jurnal EMBA. Vol.1 No.3 (2013). http://ejournal.unsrat.ac.id di akses 26 Januari 2016. Hal 225-232.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.