PENGARUH MODAL, LAMA USAHA, JAM KERJA DAN LOKASI USAHA TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL LANDUNGSARI KOTA MALANG

Rosella Feronela Ririn

Abstract


Pasar adalah tempat dimana terjadinya transaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Pasar tradisional merupakan salah satu bentuk pasar yang menyediakan bentuk jual beli sederhana dan tidak rumit, dan mendatangkan keuntungan bagi penjual serta menghasilkan pendapatan yang tinggi. Pendapatan merupakan suatu tujuan yang diinginkan oleh para penjual/pedagang dalam berwirausaha, karena dengan pendapatan yang tinggi akan menghasilkan dan kelangsungan suatu usaha. Penelitian ini dilaksanakan di pasar tradisional Landungsari.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modal, lama usaha, jam kerja dan lokasi usaha berpengaruh terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional, baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jumlah sampel 30 orang pedagang pasar tradisional. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan regresi liner berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian adalah (1) Modal usaha berpengaruh terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional, (2) Lama usaha tidak berpengaruh terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional, (3) Jam kerja tidak berpengaruh terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional, (4) Dan lokasi usaha berpengaruh terhadap pendapatan pedagang pasar tradisional. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa pendapatan pedagang pasar tradisional mengalami peningkatan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni : (1) Variabel Modal (2) Variabel Lama Usaha (3) Variabel Jam Kerja dan (4) Variabel Lokasi Usaha.

Keywords


Modal, Lama Usaha, Jam Kerja, Lokasi Usaha, Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Atun, Nur Isni. 2016 “Pengaruh Modal, Lokasi Dan Jenis Dagangan Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Prambanan Di Kabupaten Sleman” (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Husaini, Ayu Fadhlani. 2017. “Pengaruh Modal Kerja, Lama Usaha, Jam Kerja Dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Pedagang Monza Di Pasar Simalingkar Medan” (Skripsi). Aceh: Universitas Malikusaleh.

Prihatminingtyas, Budi. 2017. “Traditional Market Traders And Local Institutions In Malang City”. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Vol. 9, 2017.

Prihatminningtyas, Budi Lasri Dan Novita Dewi. 2016. “Pemberdayaan Pedagang Pasar Tradisional Bilimbing Berbasis Partisipatif Dalam Perlindungan Sosial”. Jurnal Care, Vol. 4, 2016.

Prihatminingtyas, Budi. 2016. “Discourse Of Gadang Traditonal Market Sellers Of Business And Management”. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, Vol. 8, 2016.

Prihatminingtyas, Budi. 2019. “Etika Bisnis (Suatu Pendekatan Dan Aplikasinya Terhadap Stake Holders)”. Malang : IRDH.

Priyandika, Akbar Nurseta. 2015. “Analisis Pengaruh Jarak, Lama Usaha, Modal, Dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Kaki Lima Konveksi Di Semarang” (Skripsi). Semarang: Universitas Diponegoro.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.