ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA UMKM YAMAHA SERVICE SHOP DI KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG)

Fermina Hayati Ngunur

Abstract


Untuk dapat mengetahui kinerja perusahaan, maka sangat perlu melakukan analisis terhadap kinerja keuangan perusahaan guna untuk menilai perubahan potensi sumber daya dan kelemahan kinerja yang bisa dikendalikan dimasa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan pada UMKM Yamaha Service Shop. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dengan sumber data sekunder yaitu laporan keuangan selama tiga tahun terakhir, yaitu dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2017 yang meliputi neraca dan laporan laba rugi. Teknik analisis rasio yang meliputi rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan rasio profitabilitas.
Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan metode analisa data yang digunakan adalah mengumpulkan, mendeskripsikan, mengevaluasi dan membuat kesimpulan data. Setelah dilakukan analisis dapat diketahui bahwa kinerja keuangan pada UMKM Yamaha Service Shop, setelah diukur dengan menggunakan empat Rasio yaitu : rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio aktivitas, dan rasio profitabilitas maka disimpulkan bahwa kondisi laporan keuangan dalam kondisi yang belum efektif.

Keywords


Kinerja keuangan dan Rasio Keuangan

Full Text:

PDF

References


Darsono dan Ashari. 2005. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta: Andi.

Irham, Fahmi. 2011. Analisis Laporan Keuangan “Alfabeta, Bandung.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2002. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Lilik, Suryani Dwi. 2006. “Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan PT Indofood Sukses Makmur Tbk” (Skripsi). Malang: Universitas Negeri Islam.

Mamduh, M Hanafi. 2010. Analisis Laporan Keuangan.Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Munawir S. 1981. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Reeve. M. James. Et al. 2009. Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Subramanyam, K.R dan John J. Wild. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Valentinus. W.E. 2010. “Analisis Laporan Keungan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan Pada Koperasi Susu “Warga Mulya Diy” (Skripsi), Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Zaki, Baridwan. 2011. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE.

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-mengenal-pengertian-dan-fungsi-analisa-rasio-keuangan-perusahaan. Diakses 05 Agustus 2018 pukul 17.29 WIB.

https://dansite.wordpress.com/2009/04/10/pengertian-tujuan-dan-manfaat-penilaian-kinerja-karyawan. Diakses 03 Desember 2018 pukul 19.00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.