PENGARUH NORMA SUBJEKTIF, KEADILAN PERPAJAKAN, DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEPATUHAN PAJAK KELURAHAN TLOGOMAS KECAMATAN LOWOKWARU

Maria Goreti Darmin

Abstract


Dalam melaksanakan kegiatan suatu negara, dana yang tidak sedikit pasti diperlukan untuk kegiatan tersebut. Dana tersebut diperoleh dari berbagai sumberdaya yang dimiliki oleh suatu negara baik kekayaan alam, barang-barang yang dikuasai negara, maupun denda dan iuran masyarakat yang dibayarkan kepada negara berdasarkan undang-undang secara dipaksakan dengan tidak mendapat timbal balik yang dapat digunakan untuk membayar pengeluaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah norma subjektif berpengaruh terhadap kepatuhan pajak, apakah keadilan perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan pajakserta apakah Self Efficacy berpengaruh terhadap kepatuhan pajak di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik survei merupakan metode pengumpulan data primer dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada responden individu. dengan jumlah sampel diatur untuk 35 responden. Karakeristik responden jenis kelamin perempuan (62,9%), pendidikan 28,6%, usia 31,4%, jenis usaha 68,6%, alamat usaha 100,% Tlogosuryo, memiliki NPWP 51,4% sedangkan penghasialan perbulan 51,4%. Hasil resgresi membuktikan bahwa variabel norma subyektif memiliki t hitung sebesar 7,091 dengan tingkat signifikan 0,000, sedangkan variabel tingkat keadilan perpajakan memilik t hitng sebesar 7,257 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. seghingga dapat disimpulkan bahwa variabel norma subyektif dan keadilan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Perlu ditindak lanjuti permasalahan yang ada pada UMKM di kelurahan Tlogomas Kota Malang karena norma subyektif dan keadilan perpajakan belum efektif atau belum stabil sesuai dengan aturan yang ada.

Keywords


Norma Subyektif Dan Keadilan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W., Hartono. 2015. Partial Least Square (PLS). Yogyakarta: Andi.

Andarini Pris. 2010. “Dampak Dimensi Keadilan Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan” (Skripsi). Semarang: Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro.

Adiyanto. 2010. Smart Birthing. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Diana Sari. 2013. Konsep Dasar Perpajakan. Bandung: Refika Adimata.

Resmi, Siti. 2011. Perpajakan : Buku Teori dan Kasus. Jakarta : Salemba Empat.

Sekaran, U. 2006. Metode Penelitian Untuk Bisnis 1. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono.2006.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta

Simanjuntak, Timbul Hamonangan dan Muklis, Imam. 2012. Dimensi Ekonomi Perpajakan Dalam Membangun Ekonomi. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Widayati dan Nurlis. 2010. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus Pada KPP Pratama Gambir Tiga)” Simposium Nasional Akuntansi XIII.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.