PENGARUH KEMAMPUAN MANAJEMEN USAHA TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR TRADISIONAL LANDUNG SARI DI MALANG

Maria Goreti Hunggumila

Abstract


Pada dasarnya dalam berusaha adalah mencari pendapatan semaksimal mungkin dan dalam mencapai tujuannya itu sangat di pengaruhi oleh kemampuan dalam memasarkan produknya. Dimana usaha berskala kecil mampu bertahan dalam kondisi apapun. Karena kemampuan inilah usaha kecil dapat dikatakan sebagai dewa penyelamat dalam perekonomian suatu Negara dimana merekalah yang masih dapat memberikan lapangan pekerjaan. 1) Untuk Menjelaskan pengaruh kualitas produk terhadap pendapatan pedagang. 2) Pengaruh Keuangan terhadap pendapatan pedagang. 3) Pengaruh Penjualan terhadap pendapatan pedagang. 4) Pengaruh Penyimpanan terhadap pendapatan pedagang. 5) Pengaruh Kualitas Produk, Keuangan, Penjualan dan Penyimpanan terhadap Pendapatan pedagang, baik secara parsial maupun secara simultan.
Dalam Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penilitian ini adalah 40 orang pedagang pasar tradisional landungsari dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan sumber data dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa: 1) Kualitas produk tidak berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan, 2) Keuangan berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan, 3) Penjualan berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan, 4) Penyimpanan berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan. Berdasarkan hasil uji f bahwa kualitas produk, keuangan, penjualan dan penyimpanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang.

Keywords


Kualitas Produk, Keuangan, Penjualan, Penyimpanan dan Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Jaya, A. H. M. 2011. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Sekitar Pantai Losari Kota Makassar” (Skripsi). Makassar : Jurusan Ilmu Ekonomi FEB Unhas.

Prihatminingtyas, B. 2016. “Discourse Of Gadang Traditional Market Sellers Of Businness And Management”. Vol. 8, No. 33 November 2016 http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8031, Diunduh 23 Mei 2019

Prihatminingtyas, B. 2017. “Traditional Market Traders and Local Institutions in Malang city, European Journal of Businnes and Management”. Vol. 9, No. 30, 2017, dalam http://iiste.org/Journals/index.php/EJM/article/view/39127/40236, Diunduh 15 Mei 2019.

Prihatminingtyas, B. 2017. Etika Bisnis Suatu Pendekatan dan Aplikasinya Terhadap Stakeholders. Malang : IRDH.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sundjaja, Inge, B. 2013. Manajemen keuangan 1. Edisi kelima. Jakarta : Literasi Lintas Media.

Thamrin, Francis, T. 2016. Manajemen Pemasaran. Depok : Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.