PENGARUH PERHITUNGAN HARGA BAHAN BAKU TERHADAP PENENTUAN HARGA JUAL KERAMIK PADA UMKM KERAJINAN KERAMIK SOEHARTO MALANG

Moh. Sadam Husen

Abstract


Penekanan biaya dan efisiensi produksi sangat penting dilakukan oleh manajemen perusahaan sehingga akan menyebabkan berkurangnya biaya produksi. Pengurangan biaya produksi mengakibatkan harga pokok produk dapat ditekan, sehingga harga pokok menjadi murah dengan tidak mengurangi mutu. Apabila produk yang dihasilkan dapat di jual murah dengan mutu yang terjaga, maka perusahaan akan dapat meningkatkan penjualan.Analisis data merupakan proses penyederhanaan data ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan diinterpretasikan. Metode yang digunakan untuk menganalisis data harus sesuai dengan pola penelitian dan variabel yang akan diteliti. Tujuan dari penggunaan teknik analisis data ini yaitu untuk menyederhanakan data-data kedalam bentuk yang lebih mudah untuk dibaca dan diinterpretasikan sesuai dengan tujuan penelitian. Penentuan harga bahan baku yang digunakan seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya bahan penolong. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa untuk memproduksi kerajinan keramik diperlukan bahan baku yang meliputi tanah liat dan cat sebagai pewarna agar keramik yang telah jadi terlihat lebih indah dan menarik. Hasil Perhitungan harga bahan baku harus diolah dengan baik agar konsumen dapat tertarik untuk mengetahui informasi mengenai harga jual produk yang dikeluarkan oleh UMKM Soeharto Malang, dengan harapan agar kemudian konsumen dapat membeli produk yang dihasilkan.

Keywords


Perhitungan Bahan baku, Penentuan Harga Jual

Full Text:

PDF

References


Hanggana, Sri. 2009. Akuntansi Biaya Teori dan Aplikasi. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Negeri Surakarta (LPPUNS) dan UNS Press.

Jamin, Habid. 2008. Studi Pengaruh Biaya Produksi dan Harga Jual Terhadap Pendapatan Petani Cabe Merah di Desa Seru beba Kecamatan Rote Timur Kab Rote Ndao. Jurnal itbangda NTT Volume IV No.03. Diakses 03 Februari 2013

Kotler, P. and Keller K. Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid I. Jakarta : Erlangga

Machfoedz, M. & Mahmud, M. 2005. Kewirausahaan Metode, Manajemen, dan Implementasi. Yogyakarta : Badan Penerbitan Fakultas Ekonomi (BPFE).

Riduwan. 2009. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta

Suadi, Arief. 2011. Akuntansi Biaya Edisi 2. Yogyakarta : STIE YKPN (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara)

Sugiri, S. & Bogat A. R. 2004. Akuntansi Pengantar I. Yogyakarta : Akademi Manajemen Perusahaan Yayasan Keluarga Pahlawan Negara (AMP YKPN)

Zimmerer, T. W., Norman M. Scarborough, and Doug Wilson. 2009. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil Edisike-5. Jakarta : Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.