ANALISA STRATEGI KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA MINUMAN SARI APEL BROSEM SEMERU KOTA BATU

Elly Lestary

Abstract


Laporan keuangan keuangan menjadi suatu masalah dalam UMKM dimana pengelolaahan laporan keuangan berperan penting di dalam UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui seberapa jauh pememahan pelaku UMKM terhadap hasil laba dengan perhitungan rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas 2) untuk menambah stategi baru lapororan keuangan pda UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa stategi yang digunakan dalam analisis SWOT adalah stategi konsentrasi melalui integrasi horizontal. Artinya strategi yang diterapakan lebih devensif (bertahan), yaitu UMKM Minuman Sari Apel Brosem Semeru Kota Batu cenderung lebih survival kelangsungan laporan keuangan pada kemampuan untuk mengembangakan usahanya.

Keywords


Strategi Keuangan dan Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Akdon. (2009). Manajemen Strategic untuk Manajemen pendidikan. Bandung: Beta.

Alam, P & Nizamuddin, M. (2013). Performance measures of shareholders wealth: an application of Ekonomic Value Added (EVA). International journal of applied financial management perspectives, 2 (2), 160-166.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 2002

Basrowi, Memahami Penelitian Kuntitatif. Jakarta: Rineka Cipta 2006

Bungin, buhan. Metode Penelitian Ekonomi. Jakarta: Kencana, 2013

David. (2006). Strategi Manajemen: Konsep dan Kasus. Edisi 10. Selemba Empat: Jakarta.

David, Frend R, 2009, Strategic Manajemen (Manajemen Strategis Konsep), Jakarta, Salemba Empat, hlm 18-19.

Edward, Freeman. Manajemen. Jakarta: Kencana 2004

Firdaus, Muhamad. Dasar dan Strategi Pemasaran dan Syariah, Jakarta: Renarisan, 2005

Freddy, Rangkuti, 2015, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, hlm 20.

H. Kusnadi, 2000, Manajemen Strategis, Malang:Universitas Brawijaya, Hlm, 82.

Hunger and Wheele. (2003). Manajemen Strategi. Edisi 2. Andi Ofset: Yogyakarta.

Husein Umar, Strategik Management in Action, Jakarta, Gramedia, 2001, hlm 134.

Husein Umar, Strategik Management in Action, Jakarta, Gramedia, 2001, hlm 130.

Jatmiko, 2004, Manajemen Strategik Edisi Pertama, Malang UMM Press hlm 44.

Ningrum, A P. 2008. Analisis Kinerja Keuanagan Perusahaan Telekomunikasi Go

Publik Dengan Metode Ekonomic Value Added (EVA). Pada Depertemen Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Bogor

Parsons, Wayne. Public Policy: Pengantar Teori dan Praktik Analisis Kebijakan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2006

Porter, dkk. (2003). Implementasi Manajemen Stratejik. Amara Books: Yogyakarta.

Porter, Michael. Strategi Bersaing, Teknik Menganalisis Industry dan Pesaing, Jakarta: Erlangga,2001

Reksohadiprodjo, Sukanto. (2003). Manajemen Strategi. Edisi 4. BPFE: Yogyakarta.

Schermerhrn, Jhon. (1999). Manajemen Strategi. Edisi 1. Andi: Yogyakarta.

Sugiono. 2006. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. PT Alfabeta. Bandung

Supranto J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasaan Pelanggan Menaikan Pangsa Pasar. Rineka Cipta. Jakarta

Tambunan, Tulus T.H. Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bogor: Penerbit Ghalia

Winarno, Budi 2008. Kebijakan Publik Teori dan Proses. Yogyakarta: Media Pressindo.

Syafruddin, Muchamad. (1999). Manajemen Strategi dalam Lingkungan Bisnis Baru. Jurnal Bisnis Strategi, 3 (2), hal:50-62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.