PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDY KASUS PASAR TRADISIONAL LANDUNGSARI MALANG)

Riskiyana Riskiyana

Abstract


Bauran pemasaran suatu alat yang dapat digunakan pelaku usaha untuk membentuk karakteristik produk atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan. Penelitian ini di lakukan di pasar tradisional landungsari yang beralamat Jln Tirto Rahayu Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh bauran pemasaran variabel ( Produk Harga, Lokasi, dan Promosi.) terhadap keputusan pembelian, baik secara simultan maupun secara persial.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan sampel yang digunakan adalah metode nonprobability sampling dengan jumlah sampel 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji kelayakan model variabel bebas memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan hasil uji t secara persial menunjukkan bahwa variabel produk, harga, tempat, promosi, berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil pengujian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa variabel yang mempunyai pengaruh dominan adalah variabel promosi, maka pasar tradisional landungsari untuk meningkatkan promosinya melalui media visual, pemberian diskon maupun dengan cara tatap muka.

Keywords


Produk, Harga Promosi, Lokasi, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Kotler. 2009. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Liefbuoy di Surabaya” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen Volume 5, Nomor 6

Kotler dan Keller 2009 “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sabun” Jurnal Ilmu dan Riset Majanemen Vol 7, No 4.

Kotler dan Amstrong. 2008. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Rumah di Perumahan Batusari Semarang Prasojo Mulyono” (Skripsi). Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Prihatminningtyas, Budi Lasri dan Novita Dewi. 2016. “Pemberdayaan Pedagang Pasar Tradisional Bilimbing Berbasis Partisipatif dalam Perlindungan Sosial” Jurnal Care, Vol. 4, No.3, Nopember 2016.

Prihatminingtyas, Budi Lasri. 2016 “Discourse of Gadang Traditonal Market Sellers of Business and Management” Vol .8, No.33, Nopember 2016 , ISSN 2222-1905 (Paper) ISSN 2222-2839 (Online), Hal 1-5.

Susanto, RY dan Prihatminingtyas B.L. 2015 “Business Development of Iwak Peyek Business Group European” Journal Of Business And Managent ISSN 2222-I905 (Paper) ISSN 2222-28 (Online) www. Iiste. Orgwww.IISTE, Org/ Jurnal /index .phb/ EJBM /articelview/ 19488. Vol ome7. No 3 UU No. 20 Th. 2008 tentang usaha kecil.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.