PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DI UD. TOHU SRIJAYA KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU (STUDI KASUS PADA UD.TOHU SRIJAYA JALAN TRUNOJOYO RT 3 RW 9 DUSUN REJOSO DESA JUNREJO KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU)

Samuel Samuel

Abstract


Manajemen sumber daya manusia sangat di perlukan di dalam suatu perusahaan, cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan yaitu memberikan pelatihan sehingga karyawan bisa melakukan pekerjaan dengan benar dan memberi motivasi untuk meningkatkan semangat bekerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap produktivitas kerja pada UD.Tohu Srijaya secara parsial dan simultan.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan mengunakan metode kuantitatif. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian sebanyak 30 karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu regresi linier berganda dengan mengunakan program SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial pelatihan berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan sebesar 4,220 dan motivasi berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan sebesar 3,464.
Hasil penelitian secara simultan pelatihan dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan di UD. Tohu Srijaya Kecamatan Junrejo Kota Batu sebesar 5,924 atau 69,7%. Adapun yang perlu di perhatikan perusahaan yaitu memperhatikan kebutuhan karyawan dengan memberikan pelatihan apabila melakukan produksi produk baru, memberikan peningkatan gaji dan memberikan suasana kerja yang santai sehingga bisa menghasilkan produktivitas kerja yang baik.

Keywords


Motivasi, Pelatihan, Produktivitas Kerja

Full Text:

PDF

References


Haibuan, Melayu. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hambalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sedarmayanti. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Refika Aditama Eresco.

Sunyoto, D. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : CAPS

Suwatno dan Priansa. 2014. Manajemen SDM dalam Organisasi Publikdan Bisnis. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.