KAJIAN TEORITIS DAN MODEL STRATEGI PENGHEMATAN BEBAN PAJAK BERDASARKAN REVALUASI ASET TETAP PADA PT GUDANG GARAM TBK DAN ENTITAS ANAK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Rina Hesmi Fitriyani

Abstract


Pemerintah dan Wajib Pajak mempunyai perbedaan persepsi dalam hal pembayaran pajak. Pemerintah menganggap bahwa pajak adalah suatu penghasilan sedangkan wajib pajak beranggapan bahwa pajak adalah beban yang dapat mengurangi laba atau keuntungan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji teori-teori terbaru pada bidang perpajakan dan mengusulkan model strategi dalam penerapan penghematan beban pajak berdasarkan revaluasi aset tetap pada PT Gudang Garam Tbk dan Entitas Anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari perusahaan melalui dokumentasi. Berdasarkan penelitian terdahulu jika perusahaan melakukan penghematan beban pajak melalui revaluasi aset tetap dengan menggunakan perhitungan revaluasi parsial dan dikenakan PPh 10% atau 3% atas selisih akibat revaluasi maka perusahaan tidak dapat menghemat beban pajak yang dibayar perusahaan, karena tanah tidak dapat disusutkan sehingga beban penyusutan akan mengalami peningkatan dan otomatis laba perusahaan juga akan meningkat. Sedangkan jika perusahaan menggunakan perhitungan revaluasi seluruh aset maka perusahaan dapat menghemat beban pajak yang dibayar perusahaan setelah dikenakan PPh 10% atau 3% atas selisish akibat revaluasi. Model strategi yang ditawarkan oleh peneliti untuk menentukan strategi penerapan penghematan beban pajak berdasarkan revaluasi aset tetap yaitu Integrated Online Report (Bank Data), yang bertujuan untuk menarik para investor agar menanamkan modalnya karena perencanaan pajak dalam menghemat beban pajak melalui revaluasi aset tetap yang dilakukan secara transparan.

Keywords


Strategi, Penghematan Beban Pajak, Revaluasi Aset Tetap

Full Text:

PDF

References


Alkasari, Tyas Titi, Fransisca Yaningwati, dan Topowijono. 2015. “Implementasi Tax Planning Dalam Upaya Penghematan Pajak Penghasilan (Pph) Badan (Studi Pada Koperasi Wanita Serba Usaha “Setia Budi Wanita” Jawa Timur)” (Skripsi). Malang: Universitas Brawijaya.

Atikasari, Teti Tri. 2017. “Dampak Revaluasi Aset Tetap Terhadap Pajak Penghasilan Yang Terhutang” (Skripsi). Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).

Judisseno, Rimsky K. 2004. Perpajakan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Katuuk, Yolanda C. 2013. “Analisi Perencanaan Pajak Melalui Revaluasi Aktiva Tetap Pada Pt. Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi” (Skripsi). Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Noor, Syamsudin. 2014. “Penerapan Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio Di Malang” Jurnal Intekna, Tahun XIV, No. 2.

Nur, Muhammad dan Rischara Tara Sagala. 2017. “Revaluasi Aktiva Tetap Terhadap Beban Pajak Dan Peningkatan Nilai Aset Pada PT Wiveris Herbatama” (Skripsi). Jakarta: Universitas Nasional.

Putra, Sarjono Eka, Siti Ragil Handayani, dan Bayu Kaniskh. 2016. “Analisis Dasar Pengenaan, Perhitungan, Dan Pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 23 Atas Jasa Aeronautika Dan Jasa Non-Aeronautika” (Skripsi). Malang: Universitas Brawijaya.

Roe, Jana. 2014. “Transition From US GAAP To IFRS : Analysis Of Impact On Income Tax Administration In USA. Journal European Financial and Accounting Vol. 9.

Rozaline, Elza. 2015. “Analisis Tax Planning Dalam Upaya Meminimalisasi

Beban Pajak Penghasilan Pada Bentuk Badan Usaha” (Skripsi). Lampung: Univeritas Lampung.

Sholihin, Ustadus. 2014. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Pada Perusahaan Kain Dan Sarung Tenun Ikat Cap Sinar Barokah Kediri” Jurnal Cendekia Vol 12.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugeng, Bardjo. 2011. “Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Efisiensi Beban Pajak Penghasilan” (Skripsi). Sumatera Utara: Universitas Pasundan.

Yunus, Eddy. 2016. Manajemen Strategis. Yogyakarta : Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.