HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG BERMAIN DENGAN KEMAMPUAN DALAM MELAKUKAN STIMULASI PERKEMBANGAN INTELEKTUAL ANAK PRASEKOLAH DI RW 06 KELURAHAN TLOGOMAS MALANG

Yosefina Y. K. Sudirman, Ni Luh Putu Eka Sudiwati, Neni Maemunah

Abstract

Bermain merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh kesenangan tanpa mempertimbangkan hasil akhir dan sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan jiwa anak. Minat bermain pada anak prasekolah mengikuti suatu pola yang sangat dipengaruhi kematangan dalam bentuk permainan tertentu atau oleh lingkungan dimana ia dibesarkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada hubungan antara pengetahuan dengan kemampuan melakukan stimulasi terhadap perkembangan intelektual. Desain penelitian ini menggunakan metode korelasional. Variabel yang telah diteliti adalah pengetahuan sebagai variabel independen dan kemampuan stimulasi sebagai variabel dependen. Sampling yang digunakan adalah total sampling dengan sampel berjumlah 30 responden yaitu orangtua anak prasekolah di RW 06 Kelurahan Tlogomas. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Febuari 2011 dengan menggunakan kuisioner dan observasi. Setelah di tabulasi, dianalisis, menggunakan uji spearman rank dengan signifikan 0, 584. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pengetahuan orangtua tentang bermain pada anak prasekolah di RW 06 Kelurahan Tlogomas hampir separuhnya tergolong cukup baik yaitu sebanyak 21 orang 70 % dan kemampuan orangtua dalam melakukan stimulasi digolongkan cukup baik terdapat 20 orang (67%). Berdasakan hasil diketahui pengetahuan yang sangat tinggi dari responden akan memberi pengaruh yang sangat baik dalam pelaksanaan stimulasi sehingga diharapkan orangtua anak prasekolah dapat mempertahankan dan meningkatkan pengetahuan yang dimiliki dengan aktif berperan dalam setiap saat ketika si anak melakukan permainan. Disarankan untuk peneliti lanjutan agar melakukan tindakan observasi secara alami.

ABSTRACT

Playing is an activity that a person does to gain pleasure without considering the end result and great influence on the development of the child's soul. Playing interest in preschoolers follows a pattern that greatly influenced maturity in the form of a particular game or by the environment in which he grew up. The purpose of this study is to know there is a relationship between knowledge with the ability to stimulate the development of intellectuals' The design of this study using correlational method. Variabel that has been studied is the knowledge as an independent variable and the ability of stimulation as a variable dependent. Sampling used is total sampling with sample amounted to 30 respondents that is parent of preschool child in RW 06 Village Tlogomas. Data collection was conducted in February 2011 using questionnaire and observation. After the tabulation, analyzed, using spearman rank test with significant 0, 584. From the research results found that the knowledge of parents about playing in preschool children in RW 06 Tlogomas almost half is quite good as many as 21 people 70% and the ability of parents in doing stimulation classified quite well there are 20 people (67%). Based on the above results, a very high knowledge of the respondents will have a very good influence in the implementation of stimulation so that preschoolers are expected to preserve and increase the knowledge possessed by actively playing a role in every time when the child does the game. It is recommended for advanced researchers to observe natural observation.

Keywords : Knowledge; Playing; Abilities; Preschoolers; Intellectual Development.

Keywords

Anak prasekolah; Bermain; kemampuan; Pengetahuan; Perkembangan Intelektual

References

Arikunto dan Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Revisi V. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Alimul H. Aziz. 2003. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta : Salemba Medika.

Kusnandi. 2005. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Di Depertemen Kesehatan R.I

Nursalam. 2003. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta : Perpustakaan Nasional R.I

Notoatmodjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Asdi Mahasatya Muchtar .www.peran ortu dalam stimulasi. Diakses pada 20 Juli 2011.

Satya Panca. Stimulasi. www.kumpulan jurnal stimulasi. Diakses pada 20 Juli 2011.

Soetjiningsih. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : EGC

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara Depdikbud.www.ppk.penabur.or.i. diakases tanggal 23 Mei 2010.

Niken. Anak balita. www.Anak. Balita .com.2003. diakses pada tanggal 23 Mei 2010.

Iskarima. Ratih. Anak usia dini. www.stimulasi. Diakses pada tanggal 17 Juni 2010.

Rosa M. Sacharin www.tumbuh kembang anak cerdas Diakses pada tanggal 17 Juni 2010.

Hizbut Tahrir. 2009. www.hizbut Tahrir Indonesia, 2009. Diakses pada tanggal 17 Juni 2010.

- Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.