PERBEDAAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) PADA TIPE NUCLEAR FAMILY DAN EXTENDED FAMILY DI DUSUN MANGGAR DESA KUNIR KEC. WONODADI KAB. BLITAR

Nur Halilah, Farida Halis Dyah Kusuma, Esti Widiani

Abstract

Perkembangan Kognitif adalah kemampuan anak dalam menggunakan pikiran tarkait dengan pengetahuan serta dalam bentuk aplikasi tehadap lingkungan. Perkembangan kognitif dipengaruhu oleh lingkungan keluarga, terdiri dari nuclear family (ayah, ibu, anak) dan extended family (keluarga inti ditambah anggota keluarga lain yang masih mempunyai hubungan darah (kakek-nenek, paman-bibi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perkembangan kognitif anak usia prasekolah (3-6 tahun) pada tipe nuclear family dan extended family. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis teknik metode penelitian survei. Sedangkan desain penelitian ini menggunakan non eksperimentaln komperatif dengan populasi sebanyak 45 anak dan ibu. Sampel penelitian sebanyak 32 anak dan ibu yang terbagi dari tipe nuclear family dan extended family. Tehnik samplingnya adalah purposive sampling. Alat penelitian menggunakan observasi. Analisa data menggunakan uji t yaitu Independen T-test. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa bahwa hampir sebagian besar anak pada tipe nuclear family termasuk katagori sesuai yaitu sebanyak 12 oarang (75%) dan sebagian besar perkembangan kognitif anak tipe extended family termasuk kedalam katagori tidak sesuai yaitu sebanyak 9 orang (56%). Hasil analisa data Independen t-test nilai thitung sebesar 3,250 dengan tingkat Sig.(2-tailed)= 0,003 sehingga nilai ttabel = 2,042 pada taraf signifikansi (α = 0,05) jadi thitung ≥ ttabel = 3,250 ≥2,042 maka terdapat perbedaan antara perkembangan kognitif pada tipe nuclear family dan extended family. Saran untuk peneliti selanjutnya merekomendasi untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak usia prasekolah menggunakan wawancara dan observasi.

ABSTRACT

Cognitive development is the child's ability to use the mind that related with knowledge as well as in application form with the environment. Cognitive development is influenced by the family environment, consisting of a nuclear family (father, mother, children) and extended family (nuclear family plus other family members who still have ablood relationship (grand parents, uncle-aunt). Purpose of this study is to determine differences in the cognitive development of preschool children (3-6 years old) on the type of nuclear family and the extended family. This study uses a quantitative approach with the type of methods techniques of survey research. While the design of this study used a non-experimental comparative with a population as many as 45children and mothers. Sampling of study were 32 children and mothers are divided from the type of nuclear family and the extended family. Sampling technique was purposive sampling. Research tooluses observation. Data analysis uses thet test, that is Independent T-test. Results of this study showed that most of the children in the nuclear family types includ in gapproriate categories as many as 12 people (75 %) andmost of the cognitive development of the child'sex tended family types included in the categoryis not appropriateas many as9 people (56%). Data analysis result of t-test Independent the value of t count = 3.250 with level of Sig.(2-tailed) =0.003so the valueof t table =2.042on significance level (α =0.05) so tcount ≥ t table = 3.250 ≥ 2.042 so there is a difference betweenthe development cognitive type of nuclear family and the extended family. For further research, the researcher recommends to examine the factors that affect of cognitive developmentin preschool age use interviews and observations.

Keywords: Cognitive Development; Preschool; The Type of Family.

Keywords

Perkembangan Kognitif; Prasekolah; Tipe Keluarga

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chandriyani, 2009.Nilai anak, stimulasi psikososial dan perkembangan kognitif anak usia 2-5 tahun pada keluarga rawan pangan di kabupaten banjarnegara jawa tengah. Skipsi.Institusi Pertanian Bogor.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fudyartanta, Ki. 2012. Psikologi Perkembanga.Jogyakarta: Pustaka Belajar

Hanafi, A, Norwiyadi, R, Wibiwo, S, E. 2011.Perkembangan Kognitif. http://www.sarwoedy09320036.wordpress.com/2011/02/07/perkembangan-kognitif/. Diakses pada tanggal 10 Mei 2013.

Hasan, Iqbal, 2004, Analisis Data Penelitiandengan Statistik. Jakarta: PT. BumiAksara

Hastutiningtyas, 2011.Hubungan antara bermain konstruktif menggunakan blok dengan perkembangan anak usia prasekolah 4-6 tahun di TA Pesan Ibu malang. Skipsi. Universitas Brawijaya.

Hidayat, A. A. A. 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Selemba Medika.

Nursalam. 2003. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Ridwan, H. Sunarto, 2009, Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, danbisnis, Bandung: Alfabeta

Santoso, B.A. 2010. Ilmu Keperawatan Komunitas Konsep Dan Aplikasi. Jakarta: Selemba Medika.

Setiadi. 2007. Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan.Yogyakarta: Graha Ilmu

Soetjiningsih, Hc. 2012. Perkembangan Anak Sejak Pertumbuhan Sampai DenganKanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sudjono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Sundari, E. 2011. Perbedaan Tingkat Perkembangan Bahasa Anak Usia Toddler Pada Tipe Nuclear Family Dengan Extended Family. Skripsi. FakultasKesehatan. Universitas Tribhuwana Tungga Dewi. Malang.

Suparyanto, 2011.Pengertian Keluarga.http://www.dr-suparyanto.blogspot.com. Diakses tanggal 18 Mei 2013.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Syah, Darwyan, Supardi, dan Aziz Hasibuan, 2007, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press

Widiani et al. 2012. Buku Pedoman Penulisan Skipsi. Malang: Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuna Tunggadewi.

Yusuf, S. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosada Karya

- Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.