PENGARUH SKILL PLAY TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK AUTISME USIA 3-6 TAHUN DI LEMBAGA RESTU BUNDA A PLUS PUSAT TERAPI TERPADU (INTEGRATED THERAPY CENTRE)

Iswanto Sastiawan, Ni Luh Putu Eka Sudiwati, Neni Maemunah

Abstract

Anak Autisme adalah anak yang mengalami suatu gangguan perkembangan yang komplek, biasanya muncul pada usia 1-3 tahun dengan gangguan komonikasi bahasa, kognitif, sosial dan fungsi adaptif, yang berdampak pada motorik halus. Salahsatu terapi untuk meningkatkan motorik halus anak autisme yaitu skill play dimana terapi ini mampu memberikan stimulasi fisik maupun mental pada anak autis selama dan sesudah diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Skill Play terhadap perkembangan motorik halus pada anak autisme usia 3-6 tahun di Lembaga Restu Bunda A Plus Pusat Terapi Terpadu (integrated therapy centre). Desain penelitian menggunakan pra-eksperimen (One-Group Pra test-post test Design). Sampel penelitian ini sebanyak 10 orang anak dengan teknik Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi komponen motorik. Metode analisa data menggunakan uji Mann Whitney. Dari hasil penelitian setengahnya (50%) mempunyai perkembangan motorik halus kurang sebelum diberikan skill play dan sebanyak sebagian besar (70%) mempunyai perkembangan motorik halus cukup setelah diberikan skill play. Hasil analisis didapatkan p value sebesar (0,004)<(0,050), artinya ada pengaruh setelah diberikan Skill Play terhadap perkembangan motorik halus pada anak autisme usia 3-6 Tahun di Lembaga Restu Bunda A Plus Pusat Terapi Terpadu (Integrated Therapy Centre). Berdasarkan hasil penelitian ini bagi orangtua yang memiliki anak dengan kondisi autisme dapat memberikan terapi bermain sesuai dengan usia anak sebagai salah satu usaha dalam meningkatkan motorik halus anak. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam berkaitan dengan pengaruh skill play terhadap perkembangan motorik halus pada anak autisme.

ABSTRACT

Autism children are children who experience a complex developmental disorder, usually appearing at the age of 1-3 years with impaired comonication of language, cognitive, social and adaptive functions, which affect fine motor. One of the therapies to improve fine motor skills of autistic children is skill play where this therapy is able to provide physical and mental stimulation to autistic children during and after giving. The purpose of this study was to determine the effect of Skill Play on fine motor development in autistic children aged 3-6 years at the Mother A Plus Restu Institute Integrated Therapy Center. Research design using pre-experiment (One-Group Pre-test post-test Design). The sample of this study were 10 children with total sampling technique. Data collection techniques using instruments in the form of observation sheets of motor components. Data analysis method uses Mann Whitney test. From the results of the study half (50%) had less fine motor development before being given skill play and as much as most (70%) had enough fine motor development after being given skill play. The results of the analysis obtained p value of (0.004)<(0.050), meaning that there was influence after being given Skill Play on fine motor development in autistic children aged 3-6 years at Restu Bunda A Plus Integrated Therapy Center. Based on the results of this study for parents who have children with the condition of autism can provide playground therapy according to the age of the child as an effort in improving children's fine motor. For further researchers it is expected to conduct more in-depth research related to the influence of play skills on fine motor development in children with autism.

Keyword : Autism; Skill play; smooth motor development.

Keywords

Autisme; Skill play; Motorik halus.

References

Aden, R. 2010. Seputar penyakit dan gangguan lain pada anak. Yokyakarta: Hanggar kreator.

Elizabeth B. Hurlok. 2012. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Evi Hasnita, Tri Riska Hidayati Terapi Okupasi Perkembangan Motorik Halus Anak Autis. Jurnal IPTEKS TERAPAN Research of Applied Science and Education V9.i1 (20-27)

Eni Fitriana, 2014 Pendidikan Khusus Terapi Okupasi Dengan Teknik Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Autis Di SLB PGRI

Notoatmodjo, S. 2003. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nursalam. 2003. Konsep & Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2011. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Satiadarma, K., dkk. 2004. Azas Pengembangan Prosedur Analisis. Surabaya: Airlangga University Press: hal 111.

Setiadi. 2007. Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Potter & Perry.2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik. Jakarta: EGC.

- Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.