HUBUNGAN RUTINITAS SARAPAN PAGI DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS IV DI SDN LANDUNGSARI 01 KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG

Sandri Handayani Putri, Erlisa Candrawati, Ragil Catur Adi W.

Abstract

Data surveilan KLB keracunan pangan tahun 2010 terdapat 163 kasus akibat konsumsi jajan karena tidak sarapan pagi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan rutinitas sarapan pagi dengan prestasi belajar anak kelas IV di SDN Landungsari 01 Kec. Dau Kab. Malang. Desain penelitian mengunakan desain analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 anak kelas IV dan sampel penelitian menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu kolerasi spearman rank dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebagian besar 19 (63,3%) anak kelas IV rutin melakukan sarapan pagi dan sebagian besar 22 (73,3%) anak kelas IV memiliki prestasi belajar baik di SDN Landungsari 01 Kec. Dau Kab. Malang, sedangkan hasil kolerasi spearman rank didapatkan p value = 0,023 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan rutinitas sarapan pagi dengan prestasi belajar anak kelas IV di SDN Landungsari 01 Kec. Dau Kab. Malang. Orang tua perlu menyipkan sarapan pagi sebelum anak berangkat sekolah untuk meningkatkan prestasi belajar anak.

ABSTRACT

The 2010 food poisoning outbreak surveillance data found 163 cases due to consumption of snacks because they did not eat breakfast. The purpose of this study was to determine the relationship between the breakfast routine and the learning achievement of fourth grade children at Landungsari 01 Elementary School. Dau Kab. Poor. The design of the study uses analytic correlation design with cross sectional approach. The population in this study were 30 grade IV children and the study sample used total sampling. The data collection technique used is a questionnaire. The data analysis method used is spearman rank correlation using SPSS. The results of the study prove that most of 19 (63.3%) fourth grade children routinely had breakfast and most of 22 (73.3%) fourth grade children had good learning achievement at Landungsari 01 Elementary School. Dau Kab. Malang, while the results of spearman rank correlation obtained p value = 0.023 <0.050 so it can be concluded that there is a relationship between breakfast routine and learning achievement of fourth grade children at SDN Landungsari 01 Kec. Dau Kab. Poor. Parents need to prepare breakfast before the child leaves school to improve children's learning achievement.

Keywords : Elementary School Children 's Routine Breakfast; Learning Routines.

Keywords

Prestasi belajar anak Sekolah Dasar; rutinitas sarapan pagi.

References

Djusmaidar., 1991. Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Kebiasaan Sarapan Pagi Pada Anak Usia Sekolah. [Skripsi]. Jurusan GMSK. Fakultas Pertanian Bogor.

Kurniasari, R. 2005. Hubungan Frekuensi & Asupan Gizi Makan Pagi dengan Kadar Hemoglobin (Hb) Darah & Konsentrasi Di Sekolah pada Murid Kelas V dan VI SDN Jetis 1 dan SDN Jetishardjo 1 Yogyakarta. [Tesis]. Universitas Gadjah Mada.

Notoatmodjo, S. 2003. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : PT. Rineka cipta.

Permata. Rohmah. 2010. Tingkat kesukaan makanan yang mengandung dan tidak monosodium glutamat (MSG) pada anak usia sekolah (Studi di SDN. Pacar Keling III/184 Tambaksari. Surabaya [skripsi]. Surabaya: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga.

Pudjiadi S. 2005. Ilmu gizi klinis pada anak. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Sediaoetama, D. 2004. Gizi seimbang untuk anak sekolah dasar. Dalam: Hidup sehat dalam siklus kehidupan manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Siswanti. AI. 2005. Pengaruh sarapan pada anak sekolah (studi kualitatif pada siswa kelas VI SDN Muktiharjo Lor 01-04, Kecamatan Genuk, Semarang [skripsi]. Semarang: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.

Skinner. 2000. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Suyanto WH. 2011. Kebiasaan sarapan di sekolah dan status gizi dengan prestasi belajar [skripsi]. Malang: Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Supriasa EST. 2001. Gambaran Perilaku Makan Anak sekolah dasar. Jakarta: PT. Psikobuana.

Supariasa EST. 2002. Status Gizi Anak. Jakarta: PT. Psikobuana.

- Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.