PENGARUH METODE STORYTELLING TERHADAP PERILAKU HYGIENITAS KUKU ANAK USIA PRASEKOLAH

Serlina Ina Kii, Ani Sutriningsih, Dudella Desnani Firman Yasin

Abstract


Hygienitas (kebersihan) kuku merupakan salah satu aspek penting dalam mempertahankan perawatan diri karena kuman dapat masuk ke dalam tubuh melalui kuku, sehingga kuku seharusnya tetap dalam keadaan sehat dan bersih. Personal hygiene dapat ditingkatkan dengan memberikan stimulasi kepada anak. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh metode storytelling terhadap perilaku hygienitas kuku anak usia prasekolah di PAUD Mawar Tlogomas Malang. Jenis penelitian pre-eksperimental dengan pendekatan one group pre test and post test. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia prasekolah di PAUD Mawar Tlogomas Malang sebanyak 27 orang, dan teknik sampling menggunakan sampling jenuh. Metode analisa data yang digunakan yaitu Uji Marginal Homogeneity Test dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa hygienitas kuku responden sebelum perlakuan storytelling, hampir setengah responden dikategorikan cukup yaitu sebanyak 48,1% anak. Hygienitas kuku setelah perlakuan storytelling, hampir seluruh responden dikategorikan baik yaitu sebanyak 77,8% anak. Hasil analisis didapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 (p value ≤ 0,05) dan nilai thitung ≥ ttabel (6,288 ≥ 1,703), dengan demikian data dinyatakan sangat signifikan dan H1 diterima, artinya ada pengaruh metode storytelling terhadap perilaku hygienitas kuku anak usia prasekolah di PAUD Mawar Tlogomas Malang. Disarankan guru dapat memperhatikan metode pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa/siswi terlebih menggunakan metode pembelajaran storytelling hal ini dimaksudkan supaya murid dapat dilibatkan dalam proses belajar mengajar dan dapat dipraktekan dalam melakukan kebersihan diri (personal hygiene) terutama kebersihan kuku, dengan demikian murid dapat mengingat dan memahami apa yang telah dilakukannya.

ABSTRACT

Nail hygiene is one of the important aspects in maintaining self-care because germs can enter the body through the nails, so the nails should remain healthy and clean. Personal hygiene can improve by giving stimulation to children. The purpose of this study is to determine the effect of storytelling method on nail hygiene of preschoolers Children.This of research used pre-experimental with one group approach pre test and post test. The population in this study were 27 preschoolers in Mawar Tlogomas Malang PAUD as many as 27 people, and sampling techniques using saturated sampling. Data analyzed by Marginal Homogeneity Test using SPSS. The results of the study proved that the respondents' nail hygiene before storytelling treatment, almost half of the respondents were categorized as sufficient, namely people 48.1%. Nail hygiene after storytelling treatment, almost all respondents were categorized as good, namely people 77.8%. The results of the analysis obtained a significant value of 0.000 (p value ≤ 0.05) and the value of t count ≥ t table (6.288 ≥ 1.703). So, it means very significant, and H1 is accepted, meaning that there is an effect of storytelling method on the behavior of nail hygiene preschoolers children. So, the teacher can pay attention to learning methods that are easily understood by students especially using learning methods storytelling so that students can be involved in the teaching and learning process and can be practiced in doingpersonal hygiene, especially nail cleaning, so students can remember and understand what he has done.

Keywords: Preschool children; nail hygienic; storytelling.

Keywords


Anak prasekolah; hygienitas kuku; storytelling.

References


Asfandiyar, Andi Yudha, 2007. Cara Pintar Mendongeng. Jakarta: Mizan.

Astuti, W. 2011. Ilmu Gizi. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati, Eka. Pengaruh Pendidikan Kesheatan dengan Metode Bercerita Kontermporer terhadap Perilaku Personal Hygiene Anak Pra Sekolah di TK Aba Karangtengah Nogotirto Yogyakarta. Naskah Publikasi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah, Yogyakarta. http://digilib.unisayogya.ac.id/60/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. Diakses tanggal 30 April 2018.

Hasanah, A.N., Wiyono, J., Putri., RM. 2018. Peningkatan kemampuan Cuci Tangan dengan Benar melalui Gerak dan Lagu Cuci Tangan Pada Anak Usia Pra Sekolah. Nursing New: Jurnal Ilmiah Mahasiswa keperawatan. 3(2). https://publikasi. unitri.ac.id /index. php/ fikes /article/view/938. Diakses tanggal 30 April 2018.

Hidayat & Uliyah. 2012. Pengantar Ilmu Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

IDAI. 2002. Tumbuh Kembang Anak Remaja. Jakarta: Prenada Media Group.

Listuayu, Juniari Luh Pt., I Nyoman Ribek., Made Sumarni. 2013. pengaruh storytelling terhadap motivasi untuk melakukan personal hyginene pada anak usia prasekolah di TK Mandala Kumara Denpasar. Portal Garuda, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana. Denpasar. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=195817&val. Diakses tanggal 22 maret 2018.

Notoadmodjo, Soekidjo. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan (Edisi Revisi). Jakarta : Rineke Cipta

Rahayu,W., Putri, RM., Maemunah.,N., 2016. Pemeriksaan Pertumbuhan dan Personal hygiene Anak Pra Sekolah di RA Pesantren Al Madaniyah. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 1(1). https://jurnal.unitri.ac. id/ sindex.php/japi/article/view/459. Diakses tanggal 30 April 2018.

Rasyid, Harun., Mansyur., & Suratno. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Setiawati, Santun dan Dermawan, Agus, C. 2008. Penuntun Praktik Asuhan Keluarga. Edisi 2. Jakarta: Trans Info Medika.

Silalahi, V.,Putri,R.M.2017. Personal Hygiene Pada anak Sd negeri Merjosari 3. Jurnal Akses pengabdian Indonesia. 2(2). https://jurnal.unitri. ac.id /index.php/japi/article/view/821. Diakses tanggal 30 April 2018.

Silalahi, V., Putri, R.M. 2017. Keterkaitan Karakteristik Keluarga Dengan personal Hygiene Anak Sekolah Dasar. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan. 5(3). https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/840. Diakses tanggal 30 April 2018.

Somantri, S.T. 2012. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Sujiono, Yuliani Nurani. N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Wong, L. Donna. 2008. Buku Ajar Keperawatan Pediantrik. Jakarta: EGC.

Yuliani, Nurani Sujiono, dkk. 2009. Metode Perkembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.