FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECEMASAN LANJUT USIA PENDERITA HIPERTENSI DI DESA NGANTRU KECAMATAN NGANTANG KABUPATEN MALANG

Beki Tumewo, Farida Halis Dyah Kusuma, Esti Widiani

Abstract

Meningkatnya umur lanjut usia maka permasalahan yang dihadapi juga semakin banyak seperti hipertensi. Lanjut usia yang mengalami kecemasan secara berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti hipertensi. Tujuan penelitian untuk mengetahuifaktor-faktor yang berhubungan dengan kecemasan lanjut usia penderita hipertensi di Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Desain penelitian mengunakan desain korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 148 lanjut usia di Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang dengan penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling sehingga sampel yang digunakan 30 lanjut usia. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu uji spearmen rank dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan ada hubungan faktor umur terhadap kecemasan pada lanjut usia yang menderita hipertensi dengan p value = (0,001) < (0,050), ada hubungan faktor status pendidikan terhadap kecemasan pada lanjut usia yang menderita hipertensi dengan p value = (0,004) < (0,050), Serta ada hubungan faktor status ekonomi (pendapatan) terhadap kecemasan pada lanjut usia yang menderita hipertensi dengan p-value=(0,002) <(0,050). Ada hubungan dari masing-masing faktor terhadap kecemasan maka yang perlu diterapkan lanjut usia untuk mengurangi kecemasan sehingga bisa menurunkan tekanan darah yakni memelihara dan menjaga kesehatan tubuh secara optimal dengan menghindari memikirkan masalah hidup yang berlebihan.

Keywords

Hipertensi, kecemasan, lanjut usia.

References

Arfian. 2013. Hubungan Tingkat Kecemasan Terhadap Kualitas Hidup Para Lanjut Usia. Skripsi Universitas Indonesia: Jakarta.

Azizah. 2011. Keperawatan Lanjut Usia. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Catharina. 2014. Hubungan Tingkat Kecemasan Terhadap Kekambuhan Hipertensi Pada Lanjut Usia Di Kelurahan Dinoyo Kota Malang. Skripsi: Universitas Brawijaya Malang.

Dargobercia. 2011. Cara Menjaga Tingkat Kecemasan Manusia. PT. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Darmojo, H. 2010. Geriatrik (Ilmu Kesehatan Usia lanjut) edisi 3. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Depkes RI. 2013. Profil Kesehatan Indonesia 2013 Menuju Indonesia Sehat. Departemen Kesehatan: Jakarta

Maryam. 2008. Mengenal Usia Lanjut dan Keperawatannya. Jakarta: Salemba Medika

Nugroho, W. 2008. Keperawatan Gerontik dan Geriatrik. Jakarta: ECG.

Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Putri. D.P. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kecemasan Pada Lansia di Kelurahan Lembah Sari Rumbai Pesisir. Tesis: Universitas Riau

Santrock, J. W. 2006. Perkembangan Masa Hidup: Edisi Kelima (Terjemahan Juda Damanik & Achmad Chusairi). UI. Press. Jakarta.

Suliswati. 2009. Hubungan Kecemasan Terhadap Kesehatan Lansia. Skripsi: Universitas Pertanian Bogor.

Widiyaningsih, N. 2010. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecemasan Pada Lanjut Usia Di Panti Wredha Dharma Bhakti Kota Surakarta. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta

WHO. 2010.Physical Activity. In Guide To Community Preventive Service. Geneva: WHO

- Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.