HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI ANAK KELAS V DAN VI SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) ARGOSARI II KECAMATAN JABUNG KABUPATEN MALANG

Windy Putri Swaheswanti, Joko Wiyono, Swaidatul Masluhiya AF

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan prestasi anak di Sekolah Dasar Negeri Argosari II Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Jumlah populasi sebanyak 50 siswa dan sampel diambil secara total sampling sebanyak 50 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuisioner yang berisi pertanyaan tentang bagaimana dukungan orang tua terhadap anak dan menggunakan analisis univariat dan bivariat, kemudian data dioleh menggunakan uji statistik Kolerasi Pearson dengan SPSS 23,0. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar dukungan keluarga dikategorikan kurang yaitu sebanyak 34 orang tua atau (68%) dengan kategori prestasi anak mendapatkan nilai C sebanyak 42 anak (80%). Uji Kolerasi Pearson menunjukkan nilai sig = 0,001 atau ≤ 0,05. Hasil ini menunjukkan ada hubungan antara dukungan keluarga dengan prestasi anak di Sekolah Dasar Negeri Argosari II Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai koefisien 61,2% artinya semakin tinggi dukungan keluarga, maka semakin tinggi tingkat prestasi anak, sebaliknya apabila semakin rendah dukungan keluarga maka semakin rendah tingkat prestasi anak. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan penelitian dengan memperhatikan dukungan keluarga sejak usia dini dapat menunjang prestasi anak.


ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the relationship between family support and child achievement at Argosari II State Elementary School Jabung District Malang Regency. The research design used is descriptive. The total population is 50 students and the sample is taken by (Total Sampling) as many as 50 students. The instrument used in this study is a questionnaire containing questions about how parents support for children and using univariate and bivariate analyzes, then the data is obtained using the Pearson Kolerasi statistical test with spss 23,0. The collected questionnaires were then tabulated and analyzed. The results of the study found that most of the family support is categorized less that is 34 parent much as (68%) with the achievement category of children get the value of C is 42 children much as (80%). Pearson's correlation test showed sig = 0.001 or ≤0.05. These results indicate there is a relationship between family support and achievement of children in Argosari II State Elementary School, Jabung District, Malang Regency With the coefficient value of 61.2% that if the higher the family support, the higher the achievement level of the child. Conversely, if the lower the support of the family, the lower the achievement level of the child. Researchers are further advised to develop research with attention to family support from an early age to support child achievement.

Keywords : Child achievement; family support.

Keywords

Dukungan keluarga; prestasi anak.

References

Astuti A. E. 2010. Hubungan Antara Peran Orang Tua Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Karangdowo, Klaten Tahun Ajaran 2009/2010. (http://eprints.uns.ac.id/10190/1/137131008201008211.pdf). Diakses pada tanggal 14 oktober 2014.

Azizah, Nimma Nur. 2012. Gambaran Stimulasi Perkembangan Oleh Ibu Terhadap Anak Usia Prasekolah di TKIT Cahaya Ananda Depok. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan. Fakultas Ilmu Keperawatan. Universitas Indonesia Depok.

Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Friedman, M. M. 2013. Buku ajar keperawatan keluarga: riset, teori & praktik. Jakarta: EGC.

Hidayati, S. 2011. Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs AlMukarromin Wadak-Kidul Duduk sampeyan Gresik. Diakses dari http://lib.uinmalang.ac.id/thesis/chapter_ii/07410109-suci-hidayati.ps pada tanggal 5 Mei 2016.

Lestari, S. 2012. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Mindo, R. R. 2008. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pada Anak Usia Sekolah Dasar. http://www.gunadarma.ac.id/librar y/articles/graduate/psychology/200 8/Art ikel_10503225.pdf Diakses pada tanggal 3 Mei 2016.

Pradhana, N. 2012. Pengaruh Intensitas Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas IV SD SE Gugus Ontoseno Bagelen Purworejo (http:eprints.uny.ac.id/babI.pdf). Diakses pada tanggal 1 Desember 2016.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., Meece, J. L. 2010. Motivation in education: Theory, research, and application. (3rded) New Jersey: Pearson Education Inc.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tan, J. H. 2013. Hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada anak usia sekolah kelas iv dan v di sd negeri kawangkoan kalawat.(http://ejournal.unsrat.ac.id /index.php/jkp/article/viewFile/219 1/1749). Diakses pada tanggal 14 September 2016.

Tolada, T. 2012. Hubungan Keterlibatan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah di SDIT Permata Hati Banjar Negara : Jawa Tengah

Wahyuni, E. S. R. 2009. Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Anak Pada Usia Sekolah di SD Petompon 01 Kec. Gajah Mungkur Kota Semarang. http://digilib.unimus.ac.id/files/dis k1/104/jtptunimus-gdl-eskasusiri-5185-2-bab1.pdf Diakses pada tanggal 3 Mei 2016.

- Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.